ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI 2D PADA MATERI K3LH DENGAN BLENDER 3D UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMK AL-HUDA PADANG LAWAS

Penulis

  • Nurasiyah Harahap Hasibuan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Lukman Hakim Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Dwi Aninditya Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

Media Animasi 2D, Blender 3D, animasi

Abstrak

Permasalahan yang terdapat di SMK Swasta Al-Huda Padang Lawas adalah guru menjelaskan materi pembelajaran masih dengan menggunakan metode ceramah, kurangnya variasi belajar, kurangnya penerapan media pembelajaran sehingga minat belajar siswa di SMK Swasta Al-Huda Padang Lawas kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran berbasis animasi 2 dimensi pada Mata Pelajaran kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup menggunakan Blender 3D di SMK Swasta Al-Huda Padang Lawas untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi dan wawancara, wawancara kepada informan dan hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan hasil dari penelitian ini adalah penggunaan video pembelajaran animasi 2D ini dapat meningkatkan minat belajar siswa SMKS Al-Huda Padang Lawas.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Asy-Syifa . 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Materi Laporan Laba Rugi Di SMA Pasundan 8 Bandung (Studi Kasus Siswa Kelas XI MIPA 2 dan MIPA 3. Bandung.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran.PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Burhan Bungin. 2012. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers. Jakarta.

Gunawan, 2017, Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis siswa Pada Materi Suhu dan Kalor.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Jakarta

Hakim, L, Ermawita, Putri, WP, Perancangan Media berbasis 3 Dimensi Menggunakan Blender 3D di SMK Swasta Teruna.

Kaunar,R. (2020). Analisa Kesiapan Ujian Computer Based Test di Tingkat SMA/SMK Kabupaten Kepulauan Sula. Manado.

Khairunnisak. 2021. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Tambang. Pekanbaru.

Ristianti Litia. 2018. Penerapan Media Video Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di Kelas VII MTs Paradigma Palembang.UIN Raden Fatah Palembang.

Muhibin S. 2003. Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Purwanjani, AL. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas XI SMK N 3 Klaten. Universitas Negri Yogyakarta.

Saktiar. 2019. Analisis Efikasi Diri Siswa Kelas V SD Yayasan Parulian 2 Medan. Medan.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung.

Susilaningsih. 2012. Perilaku Siswa Dalam Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Praktek Membatik di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Yogyakarta

Utaminingtyas. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Panjatan, Panjatan, Kulon Progo . Yogyakarta.

Friantini, RN, Winata, R. 2019, Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-05-22

Cara Mengutip

Hasibuan, N. H., Lukman Hakim Siregar, & Dwi Aninditya Siregar. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI 2D PADA MATERI K3LH DENGAN BLENDER 3D UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMK AL-HUDA PADANG LAWAS. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 95–102. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1245

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2