ANALISIS KESIAPAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI KELAS X TKJ SMK SWASTA MADUMA TAPTENG

Penulis

  • Esthy Syahara Meha Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Lukman Hakim Siregar
  • Roslian Lubis

Kata Kunci:

analisis, kesiapan, tatapmuka

Abstrak

Abstrak

Masalah yang ditemukan peneliti di SMK Swasta Maduma Tapteng adalah kurangnya kesiapan siswa dalam proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kesiapan belajar siswa dalam proses pembelajaran tatap muka untuk mengetahui tanggapan siswa dalam kegiatan pembelajaran satu pertemuan dalam pembelajaran tatap muka. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna atau data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai dibalik data yang tampak. Hasil dari penelitian ini adalah Berdasarkan hasil dari nilai angket yang dibagikan kesiswa untuk melihat kesiapan siswa dalam pembelajaran daring dapat disimpulkan bahwa siswa yang sangat siap berjumlah 11 siswa dengan nilai 55%, sedangkan yang siap 9 siswa dengan nilai 45 % Jadi jumlah keseluruhan dari siswa sangat siap, siap,tidak siap apabila dijumlahkan maka akan berjumlah nilai 100%.

Referensi

Ahmad Ferdian 2018. Analisis Kesiapan Belajar Siswa Kelas X MIPA Dalam Pembelajaran Kimia, Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. Volume 2 Nomor 1.

Ambar Indriastuti 2017. Pengaruh Kesiapan

Belajar Siswa Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Informasi Dan Komunikasi

Ahmad Marzuki 2017. Efektifitas Media

Pembelajaran CD Interaktif Berbasis Adobe Flash CS5 Dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Fakultas Agama Islam. Volume 1, Nomor 2.

Limbong, Oce Payung, Witarsa Tambunan, Mesta Limbong. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Smk Negeri 2 Toraja Utara Pada Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan.

Lukman Hakim Siregar. “ Penerapan Motode

Pembelajaran Learning Tehadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan”. Jurnal education and development, Volume 7 No.1 Januari 2019.

Slameto. 2013 Analisis Kesiapan Belajar

Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Biologi Materi Sel Kelas XI SMA Negeri 5 Tanjungpinang.

Moleong Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kuantatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Syamsul Jamal. 2020. Analisis Kesiapan

Pembelajaran E-learning Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri I Tambelang. Jurnal Nalar Pendidikan Volume 8, Nomor

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-02-26

Cara Mengutip

Esthy Syahara Meha, Lukman Hakim Siregar, & Roslian Lubis. (2024). ANALISIS KESIAPAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI KELAS X TKJ SMK SWASTA MADUMA TAPTENG. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 35–40. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1474

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>