ANALISIS MINAT BELAJAR TERHADAP PELAJARAN JARINGAN DASAR DI SMK NEGERI 1 PANYABUNGAN

Penulis

  • Khairani Lubis Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution institut pendidikan tapanuli selatan
  • Ermawita institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

minat belajar, media pembelajaran

Abstrak

Minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Panyabungan kurang dilihat dari siswa yang tidak fokus memperhatikan pembelajaran di saat guru menjelaskan materi jaringan dasar, oleh sebab itu peneliti memberikan solusi dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui analisis minat belajar siswa kelas x teknik komputer jaringan pada mata pelajaran jaringan dasar di SMK Negeri 1 Panyabungan dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode Studi Kasus, karena penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk sebagai penelitian studi kasus dan hasil dari penelitian ini akan bersifat analisis deskriptif yang merupakan kata - kata tertulis atau lisan dari perilaku yang sudah diamati terutama terkait dengan Analisis Minat Belajar Siswa. Berdasarkan hasil penelitian melalui penyebaran angket dan wawancara bahwa terdapat minat belajar siswa pada pembelajaran jaringan dasar. Hal ini dibuktikan dari hasil angket minat belajar siswa dalam kategori “cukup tinggi”. dimana siswa sangat bersemangat dalam mengikuti pelajaran jaringan dasar yaitu semangat siswa dalam mengikuti pelajaran jaringan dasar yaitu 67,7% dan 32,2% tidak semangat mengikuti pelajaran jaringan dasar. Dan juga rasa senang mengikuti pelajaran jarigan dasar 96,8% dan hanya 3,2% tidak senang mengikuti pelajaran jaringan dasar

Referensi

Aini, N., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 34-41. Arifin, Z. (2017). Mengembangkan instrumen pengukur critical thinking skills siswa pada pembelajaran matematika abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2). Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis minat belajar siswa sekolah dasar terhadap mata pelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341-1348. Karundeng, A., Wonggo, D., & Parinsi, M. T. (2021). Analisis pembelajaran jaringan dasar di sekolah menengah kejuruan. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 151-163. Lomu, Lidia, and Sri Adi Widodo. "Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa." (2018). Miqdad, A. D. (2017). Analisis pengembangan model pembelajaran berbasis Project Based Learning dengan berbantu media audio visual VideoScribe dalam Pembelajaran Komputer dan Jaringan dasar kelas X SMK Unitomo Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Tiwow, C. D., Sumual, H., & Mintjelungan, M. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Simulasi Terhadap Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tareran. Ismart E

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

Khairani Lubis, Hanifah Nur Nasution, & Ermawita. (2023). ANALISIS MINAT BELAJAR TERHADAP PELAJARAN JARINGAN DASAR DI SMK NEGERI 1 PANYABUNGAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 7–10. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1493

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>