PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI POKOK JARINGAN LAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN
Kata Kunci:
problem base learning, hasil belajar, jaringan lanAbstrak
Salah satu masalah dalam pembelajaran disekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini diketahui dari fakta yang didapat oleh guru mata pelajaran peneliti menemukan masih banyak guru khususnya bidang studi teknik komputer jaringan yang mengajar menggunakan metode ceramah sehingga proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan itu sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran. Model pembalajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk aktif dan memotivasi siswa supaya dapat saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasai materi pelajaran yang dipelajari.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok jaringan LAN di SMK Negeri 2 Panyabungan.jenis penelitian ini adalah kuantitatif, jenis desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control grup desain. Perlakuan awal dilakukan pretest terlebih dahulu sebelum dilakukan penerapan model pembelajaran. Setelah dilakukan penerapan maka dilakukan posttest terhadap kelas yang sama. Setelah penelitian dilakukan ternyata hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan PBL 83,15 lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional 63,62. Berdasarkan uji statistik diperoleh thitung 21,157 dan ttabel 15,683. Jika nilai thitung > ttabel berarti maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Panyabungan.
Referensi
Ade Novianti,Alwen Bentri2, Ahmad Zikri3, Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV Sekolah Dasar, Volume 4 Nomor 1 Tahun 2020
Borhan, M.T., (2012), Problem Based Learning (PBL) in Malaysian Higher Education: A Review of Research on Learners Experience and Issues of Implementations. ASEAN Journal of Engineering Education, 1(1) : 48-53
Fadliana, H. N., (2013), Studi komparasi penggunaan metode PBL (Problem Based Learning) dilengkapi dengan Macromedia Flash dan LKS (Lembar Kerja Siswa) Terhadap prestasi Belajar ditinjau dari Motivasi belajar Siswa Materi Asam, Basa dan Garam Kelas VII SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar