PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER

Penulis

  • Riski Kurnia riski ipts
  • Lukman Hakim Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Ermawita Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

persepsi, pembelajaran daring, praktikum

Abstrak

Peneliti menemukan masalah di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Program studi pendidikan vokasional Informatika adalah jaringan internet yang kurang memadai, sarana dan prasarana, penyiapan materi pembelajaran secara online. Koneksi yang tidk memadai, perangkat yang tidak mendukung, dan kuota internet yang mahal menjadi penghambat pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah praktikum jaringan komputer program studi pendidikan vokasional informatika di. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna atau data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai dibalik data yang tampak. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada mahasiswa terdiri dari 2 indikator yaitu : indikator penerimaan dan indikator evaluasi. Indikator penerimaan memiliki 10 pernyataan dan 64% rata-rata skor dengan kategori “baik”. Indikator evaluasi memiliki 5 pernyataan dan hasilnya 62% rata-rata skor dengan kategori “baik”. Adapun hasil wawancara yang dilakukan peneliti kepada dosen dapat disimpulkan bahwa dosen mengajar mata kuliah praktikum jaringan komputer pada saat pembelajaran daring menggunakan aplikasi yang mudah untuk diakses dan tidak memerlukan jaringan.

Referensi

Azhar. 2019. Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. Volume 1 No 2 Tahun 2019.

Darmadi. 2019. Interaksi Komunikasi Kelompok Terhadap Penghuni Panti Werdha Milenia Jakarta Utara. Volume 3 No 1 Tahun 2019.

Herlan, Yono. 2016. Pengaruh Persepsi kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Dan Pengalaman Terhadap Minat Wajib Pajak Menggunakan Sistem E-Filling. Jurnal Akuntansi Indonesia. Volume 5 No 2 2016.

Isman. 2019. Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.

Meidawati, Sukoharjo Bangun Nusantara Veteran. 2021. Pengaruh Covid-19 Terhadap Penerapan Pembelajaran Daring Pada SMA NEGERI 11 LUWU. Indonesian Journal Of Education And Humanity. Volume 1 No 2 2021

L. Siregar, “Efektifitas Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (air) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”, Jurnal Education and Development, Vol. 3. No. 2. 2018

Mustofa et al. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Praktikum Daring Mata Kuliah Kimia Analisis. Jurnal Educatio FKIP UNMA. Volume 6 No 2 Tahun 2020.

Pane, Dasopang Darwis. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadapa Pembelajaran daring Pada Mata Kuliah Praktik Aplikasi Teknologi Informasi. Jurnal Edukasi Elektro. Volume 4 No 2 Tahun 2020.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV.

Suyono, Hariyanto.2020. Persepsi Mahasiswa Terhadapa Pembelajaran daring Pada Mata Kuliah Praktik Aplikasi Teknologi Informasi. Jurnal Edukasi Elektro. Volume 4 No 2 Tahun 2020.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-02-22

Cara Mengutip

riski, R. K., Lukman Hakim Siregar, & Ermawita. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(1), 4–6. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/297

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>