TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAANA ADMINITRASI BERBASIS WEBSITE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

Penulis

  • Suhendra ipts
  • Rahmad Fauzi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • sari Wahyuni Rozi Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

E-KTP, website, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan masyarakat dalam pengelolaan E-KTP dan pelayanan administrasi berbasis website pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padangsidimpuan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan angket dan 300 orang sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat dalam mengelola E-KTP berbasis website pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padangsidimpuan meliputi 60,6% responden menyatakan “sangat memuaskan” dan 33,7% responden menyatakan “memuaskan” dan tingkat administrasi pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padangsidimpuan meliputi 38,8% responden menyatakan “sangat memuaskan”, 49,4% responden menyatakan “memuaskan”, dan 11,5% responden menyatakan “kurang memuaskan”.

Referensi

Aryani, Dwi dan Febrina Rosinta, 2010. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Volume17 Nomor 2.

Hardiansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.

Irawan Andri, 2017. Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Volume 1 Nomor 2.

Kholifah Nur Ratri, 2018. Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan E-KTP Di Kecamatang Tembalang Kota Semarang.

Kariadin, 2019. Peranan Aparat Dalam Pelayanan E-KTP Di Kantor Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi. Volume 2 Nomor 1.

Kosasih Putri Pusurua Michelle, 2016. Keandalan, Daya Tanggap Dan Empati Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di Princess Cosmetic. Volume 1 Nomor 2.

Pratama Rizki Muhammad, 2020. Trajektori Studi Administrasi Publik. Volume 2 Nomor 2.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono, 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Sutriadi, Edi, 2018. Keefektivan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Pada Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Soppeng. Volume 8 Nomor 1.

Setyawati Iin, 2015. Kefektifan Pelayanan KTP-EL Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Parepare.

Wahyuni Nurfitri, 2017. Keefektifan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL). Volume 7 Nomor 1.

Widanarto, A. 2014. Kajian Penyusunan Database Penataan Daerah.

Wowor C Meilany, 2015. Tingkat Kepuasan Konsumen Klappertart Di Kartini Cake And Bakery Manado.

Yusrizal, Heriyanto Meyzi 2018. Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Volume 15 Nomor 1.

Yusuf, M. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Danieli, Y., & Stamatapoulou, E., & Dias, C 2018. The Universal Declaration of Human Rights. Fifty years and beyond. London: Routledge.

Safarov, I, 2019. Institutional Dimensions of Open Goverment Data Implementation .Evidence From The Netherland, Sweden, and The UK. Publik Performance & Management Review.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-02-22

Cara Mengutip

Suhendra, Rahmad Fauzi, & sari Wahyuni Rozi Nasution. (2022). TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAANA ADMINITRASI BERBASIS WEBSITE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(1), 1–3. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1-3

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>