PENGARUH GOOGLE CLASSROOM TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR JARINGAN KOMPUTER DASAR SMK S TERUNA PADANGSIDIMPUAN

Penulis

  • ayunia ipts
  • Hanifah Nur Nasution
  • Ermawita
  • Arsyad Harahap

Kata Kunci:

Media, Google Classroom, aktivitas siswa, jaringan komputer

Abstrak

Siswa di SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan mengaalami masalah dalam pelajaran yaitu kurangnya interaksi guru dan siswa, turunnya aktivitas siswa pada saat proses belajar, penggunaan media yang tidak sesuai. Dan pada penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh google classroom terhadap Aktivitas belajar siswa di kelas X TKJ SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan korelasi. Populasi yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh, sehingga didapat sampel penelitian sebanyak jumlah populasi yaitu 30 orang. Berdasarkan hasil perhitungan. Berdasarkan hasil perhitungan analisis korelasi product moment maka pengaruh antara penerapan media terhadap Aktivitas belajar siswa yang kuat dengan ditandai nilai korelasi adalah 0,596. Agar hipotesis yang diajukan diterima atau ditolak, maka dilakukan uji “r-test”. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai “r-hitung” sebesar 0,596. Nilai r-tabel pada tingkat signifikansi 5% dari 30 yaitu 0,361. Berdasarkan hasil perhitungan maka r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,558> 0,361). Dan dari hasil t-hitung output SPSS versi 25 nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,001 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa nilai signifikan (2-tailed) < dari taraf signifikan atau 0,001<0,05. Berarti dapat disimpulkan hipotesis Ha yang diteggak pada penelitian ini yaitu adanya pengaruh google classroom terhadap aktivitas belajar siswa di kelas X TKJ SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan.

Referensi

Arikunto. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Kencana.

Fitriyanto, Sudiana, Wijaya. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Bola Basket.

Hapsari, Pamungkas. 2019. Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro.

Kuswanto, Radiansah. 2018. Media Pembelajaran berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI.

.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendiedikan. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suhada. 2020. Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Wabah Covid-19. Dosen Dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Prodi Pendidikan Biologi.

Tafonao. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-30

Cara Mengutip

ayunia, Hanifah Nur Nasution, Ermawita, & Arsyad Harahap. (2021). PENGARUH GOOGLE CLASSROOM TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR JARINGAN KOMPUTER DASAR SMK S TERUNA PADANGSIDIMPUAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 1(2), 28–32. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/228

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>