PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI ANIMAKER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGUKURAN KECERAHAN AIR

Penulis

  • Sesi Wanita ipts
  • Lukman Hakim Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Ermawita Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

media, animaker, pengukuran

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang Teknologi informasi yang semakin maju dan berkembang menumbuhkan berbagai pengaruh bagi penggunanya. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pembelajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, Media pembelajaran digunakan untuk meningkatkan Motivasi belajar siswa kearah yang lebih baik. Tujuan penelitian ini terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media animasi menggunakan aplikasi animaker  terhadap motivasi belajar siswa di kelas X Agribisnis Perikanan di SMK Negeri 1 Angkola Sangkunur. metode yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan suatu proses pengumpulan data dan analisis data yang dilakukan secara sistematis untuk membahas permasalahan yang dihadapi serta menguji kebenaran hipotesis yang diajukan. Metode penelitian merupakan juga memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang akan diteliti dibuktikan melalui data yang valid dengan tujuan dapat ditemukan masalah dalam bidang pendidikan. Hasil output uji hipotesis didapati nilai signifikannya yang diperoleh adalah sebesar 0,30 dengan tarif signifikannya 435 % atau 0,435. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa nilai sig (1-tailed)< dari taraf signifikansi atau 0,05 < 0,435. Dapat disimpulkan bahwa hipotesisi alternatif dapat diterima dan di uji kebenarannya, artinya bahwa penggunaan media animasi menggunakan aplikasi animaker efektif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pengukuran kecerahan sir di kelas X Agribisnis Perikanan di SMK  1 Angkola Sangkunur.

Referensi

Bambang Ela Purnama. 2013. Konsep Dasar Multimedia. Yogyakarta 55283 : Grahayu Ilmu Ruko Jambusari No.72

Dr. Oemar Hamalik. (2011). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta13220:Pt Bumi Aksara

Gedung Melalui Metode Tanya Jawab Dikelas Xi SMK N 5 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Warta Edisi 2018.

Joni Purwono Dkk (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKN di Sma Swasta Darussa’adah Kecamatan Bangkalan Susu. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 7, No 2 Desember 2020

Kompri (2016:232). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Jurnal Vol 5 No 2 (2027) Hal 176.

Munjiman 2011. Pengaruh Biasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya.Jurnal Provit Tahuan Volume 4, No 2, November 2017..

Muhammad Aziz Fauzan (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Kelistrikan Kendaraan Ringan Berbasis Animaker Terintegrasi Youtube. Jurnal pendidikan teknik mesin undiksha. Vol.9 No.2 Agustus 2021.

Sardiman (2011:75). Upaya Meninggkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menngambarkan Kontruksi Penutup Atap Bangunan Gedung Melalui Metode Tanya Jawab Dikelas Xi SMK N 5 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-09-07

Cara Mengutip

Sesi Wanita, Lukman Hakim Siregar, & Ermawita. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI ANIMAKER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGUKURAN KECERAHAN AIR. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 18–27. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/298

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>