PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS SISWA

Penulis

  • Esther Hozany ipts
  • Lukman Hakim Siregar
  • Dwi Aninditya Siregar

Kata Kunci:

Audio Visual,, Canva,, Kreativitas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi CanvaTerhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Perawatan Jaringan Lokal (LAN) di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain one-shotcase study. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas kelas X berjumlah 108 orang yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian gambaran penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi Canva di Kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Batang Angkola berada pada kategori praktis. Gambaran kreativitas siswa di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Batang Angkola berada pada kategori “baik” dengan nilai nilai rata-rata siswa sebesar 80.83. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diketahui bahwa nilai thitung sebesar 4.004 sedangkan nilai ttabel pada df 35 sebesar 1.690. Dengan demikian dapat diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 4.004 > 1.690. Selanjutnya nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 sedangkan nilai probabilitas diketahui sebesar 0.005 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.005. Berdasarkan hasil konsultasi nilai tersebut, maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya yaitu “Terdapat Pengaruh Penggunaan Media PembelajaranAudio Visual Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Perawatan Jaringan Lokal (LAN) di SMK Negeri 1 Batang Angkola”.

Referensi

Adelheid, Rikwanti dkk. 2021. Psikologi Keperawatan. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Agung dan Zarah. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Benecdicta, P. 2019. Kreativitas dan Inovasi di Tempat Kerja. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Rahmatullah, R., Inanna, I &Ampa, A.T. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol.12, No.2 tahun 2020:317-327.

Siregar, Lukman Hakim. Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol.7 No.1 Edisi Januari 2019

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yeni, Rachmawati dkk. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-02-26

Cara Mengutip

Esther Hozany, Lukman Hakim Siregar, & Dwi Aninditya Siregar. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS SISWA . JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(3), 18–22. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1358

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>