PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 1 PORTIBI
Kata Kunci:
Persepsi, Era New Normal, Pembelajran tatap mukaAbstrak
Era new normal atau menuju normal baru dimulai sejak Juni 2021, di era new normal ini sistem
pembelajaran dilaksankan secara tatap muka. Kebijakan ini dilakukan, karna menurunnya
potensi siswa selama pembelajaran daring, dikarenakan banyaknya kendala selama proses
pembelajaran dilaksankan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana persepsi siswa terhadap pembelajaran tatap muka pada era new normal pandemi
covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dekskriftif dengan
mengguanakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Namun,
jenis penelitian ini lebih memfokuskan pada wawancara dengan subjek penelitian siswa XI
Tkj yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data dari
respon atau tanggapan siswa yang selanjutnya dilakukan analisis data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa validasi dari ahli bahasa mendapat nilai persentase 86,66 % dapat
dikatakan valid. Kemudian hasil persentase tanggapan dari respon siswa mendapat nilai 99 %
dengan tanggapan sangat setuju dilaksankannya pembelajaran secara tatap muka di era new
normal pandemi covi-19 saat ini
Referensi
Aniq Amalia, Siti Fatonah (2020). Penerapan
Pembelajaran Daring Dragonlearn pada Era
Pandemic Covid-19(Studi Kasus di MI Ma’had
Islam Kopeng). Indonesian Science Education
Journal. Vol. 1 No. 3 (2020): September 2020.
Annisa Nurjannah (2022). Presepsi Orang Tua Siswa
terhadap Kesiapan Pembelajaran Era New
Normal di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu Jurnal Of Elimentary Education. Vol 6,
No 1 (2022).
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktis. Jakarta; Bumi Aksara.