UPAYA PENINGKATAN OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA GENERASI MUDA SEBAGAI ANTISIPASI PENYALAH GUNAAN NARKOBA DAN KECANDUAN GAME ONLINE

Isi Artikel Utama

Mariyatul Kubtiyah Ritonga
Ilhamuddin Nasution
Dinda Vebrina
Irsal Harahap
Siskaini Rambe
Laila Surayya

Abstrak

Dari 24 anak-muda yang mengikuti kegiatan, sebagaian besar menajukan pertanyaan terkait dalam penyalah gunaan narkoba dan kecanduan game online ini. Berikut dipaparkan beberapa cara agar terhindar dari penyalah gunaan narkoba dan kecanduan game online ini yaitu: a) Jangan pernah mencoba menggunakan narkoba atau narkotika, kecuali untuk alasan pengobatan serta terapi, b) Mencari tahu tentang apa itu narkoba serta dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh, c) Memilih lingkungan pergaulan yang baik.Cara agar terhindar dari kecanduan game online: a) Membatasi waktu bermain game, b) Mencari hobi baru, c) Meletakkan perangkat game di luar kamar tidur. Dari Antusias Sasaran (Anak muda didesa Bandar Hapinis ) kegiatan ini berpotensi berlanjut dan terus berkembang, baik dengan tema PkM yang sama maupun berbeda. Hal ini dikarenakan minimnya kegiatan serupa didesa tersebut. Pelaksanaan kegiatan dievaluasi secara keseluruhan, meliputi tahap perencanaan, persiapan dan pelaksanaan. Evaluasi dilakukan guna mendata kekurangan dan kelebihan yang diperoleh dari kegiatan ini. Selanjutnya diharapkan akan menjadi bahan masukan yang bermanfaat bagi kemajuan dan keberlanjutan kegiatan-kegiatan selanjutnya, baik kepada dosen dan mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan ini. Hasil dari kegiatan ini antara lain dapat terlihat dari keantusiasan parapemuda, sebagian besar dapat merasakan manfaatnya dan memberikan nilai positif, selanjutnya berdasarkan saran dan masukan dari parapemuda, perlu diadakan kegiatan lanjutan, agar anak-anak dapat mengevaluasi hasil yang telah dijalankan dan meningkatkan kualitas olahraga yang lebih baik lagi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mariyatul Kubtiyah Ritonga, Ilhamuddin Nasution, Dinda Vebrina, Irsal Harahap, Siskaini Rambe, dan Laila Surayya. “UPAYA PENINGKATAN OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA GENERASI MUDA SEBAGAI ANTISIPASI PENYALAH GUNAAN NARKOBA DAN KECANDUAN GAME ONLINE”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Agustus 15, 2022): 142–146. Diakses April 20, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/949.
Bagian
adam