PERANAN GURU PKN DALAM MEMBINA SIKAP MORAL SISWA MELALUI KETELADAN GURU DI KELAS X SMA NEGERI 7 PADANGSIDIMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.37081/kwn.v2i02.1662Kata Kunci:
Peranan Guru, Membina Moral, KeteladananAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru PKn dalam membina sikap moral siswa, faktor-faktor yang mempengaruh moral siswa, hambatan yang dihadapi guru PKn dalam membina, sikap moral siswa dan upaya yang dilakukan untuk membina moral siswa melalui keteladan guru dikelas X SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif. Adapun informannya kepala sekolah, kesiswaan, guru PKn, guru wali kelas, guru BK, siswa, pengelola kantin sekolah, satpam, masyarakat sekitar, dan orang tua siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) peranan guru PKn dalam membina sikap moral siswa meliputi mendidik siswa agar giat belajar , kritis, berakhlak mulia, berkarakter baik serta bertanggung jawab, 2) faktor yang mempengaruhi sikap moral siswa adalah faktor pengetahuan dan pemahaman tentang moral (kognitif), kontrol diri (emosi), lingkungan (situasi), pola pikirnya tentang moral (kepribadian), 3) hambatan yang dihadapi guru PKn dalam membina sikap moral siswa adalah kontrol diri yang lemah, pengawasan orang tua yang belum efektif terhadap anak-anaknya, pergaulan bebas serta penggunaan gadget yang sangat berlebihan , dan 4) upaya meningkatkan moral siswa melalui keteladan guru dengan menuntun dan memberikan teladan perilaku yang baik.
Referensi
Akmal, Hawi. (2013. ). Kompetensi Guru PAI. Jakarta: PT Raja Garvindo. Persada
Arikunto.2006. Penelitian kualitatif. Yogjakarta. CV Budi Utama.
Asril, Zainal. 2011. Micro Teaching (cetakan ke-3). Jakarta: Rajagrafindo Persada
Ayu, Ratna. “Guru Berwibawa” http://ratna-ayu.blogspot.com diakses 30 April 2010
Cahyani, Karina & Dinie Anggraeni Dewi. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Agar Menciptakan Siswa yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 9 No. 2 tahun 2021;277
Daryono,M. dkk. (2008). Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewwarganegaraan (cetakan kedua. Jakarta:Rineka Cipta
Djamrah, Syaful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta
Gunawan, Indra. Sofyan Sauri dan Ganjar m Ganeswara. Internalisasi nilai moral melalui keteladanan guru pada proses pembelajaran di ruang kelas. Jurnal kajian Pendidikan umum. Vol. 18 No. 1 tahun 2019:5-6
http.//lensakini.com
Karso. 2019. “Keteladanan Guru dalam Proses pendidikan di Sekolah”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascaarjana Universitas PGRI Palembang: 393
Ngainum, Naim. 2011. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta:Pustaka Belajar
Nida, Fatma Laili Khoirun. Intervensi Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg dalam Dinamika Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 8 , No 2 tahun 2013;280-281
Octavia, Shilphy A. 2020. Etika Profesi Guru. Yogyakarta: Deepublish
Pangwijaya, Steven. “Penting Moral dalam Kehidupan” http://www.kompasiana.com (Diakses 30 Juni 2021)
Rahman, Syaiful. “Tuntutan Sebagai Guru Dalam Era Milenial” http://pena.belajar.kemdikbud.go.id (Diakses 20 Maret 2019).
Rudianto. “Pendidik: Antara Tuntutan sprofesi dan Panggilan Hati Nurani” http://kepri.kemenag.go.id (Diakses 17 November 2021).
Sagala, Syaiful. 2011. Etika & Moralitas Pendidikan Peluang dan Tantangan. Medan:
Samsuri. 2011. Pendidikan Karakter Warganegara. Yogyakarta:Dianra Pustaka Indonesia
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Pranada Media Group
Satori, Djam’an & Aan Komariah. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta
Sayidah, Nur. 2018. Metodologi Penelitian. Sidoarjo: Zifatama Jawara
Siyoto, Sandu & M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Pendidikan. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen ( Cetakan ke 3) Bandung: Alfabeta.
Suyahmo. (2020). Filsafat Moral. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Eko, Tatang Yuli . 2010. Penelitian Pendidikan Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Uno, H. Hamzah B. 2008. Profesi kependidikan (cetakan ketiga). Jakarta: Bumi Aksara
Waty, Anna. Hubungan Interaksi Sosial dengan Perkembangan Moral pada Remaja di SMA UISU Medan. Jurnal Psikologi Pendidikan. Vol. 10 No. 1 tahun 2017:17-18
Yaumi, Muhammad. (2014). Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana
##submission.downloads##
Diterbitkan
Versi
- 2023-08-21 (3)
- 2023-08-21 (2)
- 2023-08-21 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Riswandi Harahap; Kasmudin Harahap
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.