ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR KARYA DEKORATIF SISWA DENGAN MEDIA PEWARNA BAHAN ALAM DI SD NEGERI 1 AIR PUTIH ULU

Isi Artikel Utama

Andela Liza Ratih Nurhanika
Noviati Noviati
Robert Budi Laksana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menggambar karya dekoratif siswa kelas III dengan menggunakan media pewarna dari bahan alam di SD Negeri 1 Air Putih Ulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa kelas III dan guru seni budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pewarna alami memberikan pengalaman kreatif baru bagi siswa serta meningkatkan apresiasi mereka terhadap sumber daya alam di sekitar mereka. Selain itu, penggunaan pewarna dari bahan alam mempengaruhi hasil karya dari segi warna dan tekstur, menciptakan karakteristik yang unik pada setiap karya dekoratif. Kesimpulannya, media pewarna bahan alam dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran seni budaya di sekolah dasar.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Liza Ratih Nurhanika, Andela, Noviati Noviati, dan Robert Budi Laksana. “ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR KARYA DEKORATIF SISWA DENGAN MEDIA PEWARNA BAHAN ALAM DI SD NEGERI 1 AIR PUTIH ULU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 90–101. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2431.
Bagian
Artikel

Referensi

Istika Praja Wulandari, Mei Fita Asri Untari, Sukamto.2020. Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Kemampuan Menggambar Dekoratif Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri 02 Barusari Semarang. International Journal Of Elementary Education, 3(1), 35–40.

Mulyatiningsih, Endang. 2021. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.Yogyakarta: CV. Alfabeta.

Muharam dan Sundaryati, Warti. 2021. Pendidikan Kesenian II Seni Rupa. Jakarta: Depdikbud

Nasution. 2013. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nova Rina Wati, Bambang Parmadie, Pebrian Tarmizi.2024. Pembuatan Karya Seni Menggambar Dekoratif Pada Talenan Kayu Di Kelas Iiib Sdn 04 Kota Bengkulu. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 7 (1). 41-46

Prawira, N.G., dan Enday Tarjo. 2018. Belajar dan Pembelajaran Seni Rupa. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Prastowo, Andi. 2021. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Robert Budi Laksana. 2017. Pengetahuan Dasar Kesenian.Jakarta: Rajawali Press.

Retnowati, Tri Hartiti, dan Bambang Prihadi. 2010. Pembelajaran Seni Rupa. Yogyakarta: Program Studi Seni Rupa Universitas Negeri Yogyakarta.

Sagala, Syaiful. 2015. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta. Sudjana, Nana. 2022. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. & Koni, Satria. 2014. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.