DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan kemampuan dan karakter manusia serta peradaban bangsa. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 menegaskan pentingnya pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Meskipun demikian, banyak pendidik masih menggunakan metode pembelajaran satu arah yang membuat siswa merasa jenuh. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif untuk mengamati pengaruh penggunaan Quiziz sangat berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Peureulak pada tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui pengamatan, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa, dari skor awal 65 menjadi 78 pada siklus I dan 85 pada siklus II setelah penerapan Quizizz. Siswa merasa lebih senang dan tertarik dengan pembelajaran yang interaktif, meskipun awalnya mengalami kesulitan. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz dapat secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ahmad, RM, dan F Arkiang. 2021. Pengaruh penggunaan web module fisika berbasis kebijaksanaan asli NTT terhadap kemampuan berpikir kreatif. “ Jurnal Pendidikan Nusantara. ” Jurnal 2( April) 64 – 72.
Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh
Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660-3667.
Kusuma, AW, & Muslim, M. (2023). Pengembangan Media Game dan Quiz Berbasis Web untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 21 Surabaya. Di Turots: Jurnal Pendidikan Islam , 785-798.
Matem Hidayat, D. C. F. A. W., & Kamalia, P. U. (2022). Are Economics Learning
Outcomes Influenced by Learning Motivation and Active Learning?. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 18(2), 302-316.atika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109-3116.
Parende, Uri Sinta, dan Widi Syahtia Pane. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Intruction( PBL) Tema 8 Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Samarinda Utara. ” Jurnal Pendidikan 1( 1) 25.
Sugrah, N., Abu, N., Rahman, NA, Rakhman, KA, Danial, M., & Anwar, M. (2019). Penilaian Proses dan Sumber Daya untuk Pengetahuan Keterampilan Laboratorium Kimia di Sekolah Menengah Atas Pulau Ternate. Jurnal Kurikulum dan Pengajaran , 8 (1), 11-19.
Yustina, A., & Khosiyono, BHC (2023). Pengaruh media pembelajaran kuis terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4 (2), 593-598.