PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Isi Artikel Utama

Lita Afri Yanti
M. Daniel
Nadia Aldyza

Abstrak

Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup melalui pengembangan potensi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Namun, minimnya variasi metode pembelajaran sering menyebabkan siswa kehilangan motivasi, sehingga hasil belajar menurun. Model Project Based Learning (PjBL) menawarkan solusi dengan melibatkan siswa secara aktif melalui proyek yang relevan. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman materi tetapi juga hasil belajar kognitif siswa. PjBL terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran bermakna, seperti pada materi IPA, dengan mendorong keterlibatan dan kreativitas siswa. tujuan yaitu mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di SD Negeri 19 Banda Sakti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian bahwa penerapan model Project Based Learning (PJBL) memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas V SD Negeri 19 Banda Sakti.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Afri Yanti, Lita, M. Daniel, dan Nadia Aldyza. “PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1127–1132. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2658.
Bagian
Artikel

Referensi

Nokiawati, Novik, Tri Rijanto, Rita Ismawati, dan Marniati. 2023. “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Respon Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10(4):847–58. doi: 10.38048/jipcb.v10i4.1747.

Pane, Aprida, dan Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar dan Pembelajaran.” FITRAHJurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 3(2):333–52.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 3 ed. Bandung: Alfabeta.

Taufan, A. M. Irfan Asfar, A. M. Iqbal Asfar Akbar, Andi Asfar Hasryningsih, dan Ady Kurnia. 2020. “Landasan Pendidikan: Hakikat dan Tujuan Pendidikan.” ResearchGate 1(1):1–15. doi: 10.13140/RG.2.2.22158.10566.

Tazminar. 2015. “Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples.” JUPENDAS 2(1):45–57.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama