ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI RANTAI MAKANAN

Isi Artikel Utama

Mariana
Nadia Aldyza
M. Danil

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran digital terhadap motivasi belajar dan pemahaman materi siswa pada konsep rantai makanan di tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media digital dan kelompok kontrol yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Penelitian melibatkan 40 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing terdiri dari 20 siswa. Sebelum pembelajaran, dilakukan pre-test untuk mengukur motivasi dan pemahaman awal siswa. Setelah empat pertemuan pembelajaran, dilakukan post-test untuk menilai perubahan yang terjadi. Hasil analisis menggunakan uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam motivasi belajar antara kedua kelompok, dengan nilai t hitung sebesar 4,73 dan p = 0,0001, yang berarti hipotesis nol ditolak. Selain itu, penggunaan media digital terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang kompleks. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi media pembelajaran digital dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa secara signifikan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mariana, Mariana, Nadia Aldyza, dan M. Danil. “ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI RANTAI MAKANAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 3246–3252. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2734.
Bagian
Artikel

Referensi

Dandung, V. B., Prasasti, P. A. T., & ... (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Digital Pada Materi Rantai Makanan Kelas V Sekolah Dasar. … Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 209–218. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/4283%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/download/4283/3280

Hidayat, F. (2019). RANCANG BANGUN GAME INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA MENGENAI RANTAI MAKANAN UNTUK ANAK SD ( SEKOLAH DASAR ) BERBASIS GAME ANDROID SKRIPSI Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat guna mencapai gelar Sarjana Komputer pada Jurusan Teknik Informatika Fakultas S.

Istyasiwi, M. E., Auliaty, Y., & Sholeh, D. A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL KARTU DOMINO RANTAI MAKANAN ( DORAMA ) PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2, 254–263.

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Pramudita, E. R., Fajrin, R., & Ana, R. (2024). Pengembangan Media Video Animasi berbasis Canva Materi Rantai Makanan Siswa Kelas V SD Negeri 1 Moyoketen. Jurnal Simki Postgraduate, 3(1), 86–93.

Rahmawati, T. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Rantai Makanan Siswa Kelas V di UPTD SD Negeri Kebun 1 Kamal. 3(2), 73–84.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>