PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIPADU DIRECT INTRUCTION (PBLDI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM
Isi Artikel Utama
Abstrak
Hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SD Negeri 4 Silih Nara, Kabupaten Aceh Tengah, menunjukkan tingkat yang rendah dengan metode pembelajaran direct instruction. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dipadukan dengan Direct Instruction (PBLDI) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan 20 siswa kelas V sebagai sampel, yang terbagi dalam dua kelompok: eksperimen (PBLDI) dan kontrol (Direct Instruction). Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test, yang dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney untuk melihat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model PBLDI mengalami peningkatan signifikan dalam hasil belajar, dengan nilai post-test yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang tidak menunjukkan perubahan berarti. Uji Mann-Whitney memperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBLDI berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas V SD Negeri 4 Silih Nara.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abdullah, R., & Sani, R. A. (2023). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara.
Amir, M. T. (2018). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Prenada Media.
Aprianti, N. A., Ashifa, A. N., & Septiana, K. S. (2024). Dinamika Desain Belajar dan Pembelajaran. Kaizen Media Publishing.
Astutik, F. (2023). Integrasi Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar untuk Mewujudkan School Well-Being di Era Merdeka Belajar. NEM.
Danil, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Direct Instruction dan Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, dan Retensi Siswa pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. [Doctoral Thesis]. Universitas Negeri Malang.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (Edisi 10). Badan Penerbit Universitas Diponegori.
Huda, N., & Ikhsan, J. (2024). Menggugat Metode Ceramah dalam Pendidikan: Meluruskan Fitnah Mengusulkan Paradigma Baru. Jejak Publisher.
Husamah, Yuni Pantiwati, Arina Restian, & Puji Sumarsono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. UMM Press.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Anak Hebat Indonesia.
Muniroh, A. (2015). Academic engagement: Penerapan Model Problem-Based Learning di Madrasah. LKiS Pelangi Aksara.
Nofrion. (2019). Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Kencana.
Rahmat, P. S. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.
Widodo, H. (2018). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sleman. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 13(2), 69–80.