PERAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP PERKEMBANGAN KETRAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SIKLUS AIR UNTUK MURID SD 11 JANGKA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Telah dilakukan penelitian peran media pembelajaran interaktif terhadap perkembangan ketrampilan proses sains pada materi siklus air untuk murid SD 11 Jangka. Melalui model ini, akan dapat di lihat selain penguasaan konsep tentang siklus air khususnya dan IPA pada umumnya serta kreativitas murid dalam menerapkan dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tahap-tahap model pembelajaran meliputi invitasi, eksplorasi, mengusulkan penjelasan dan solusi, mengambil tindakan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan instrumen yang digunakan adalah LKS, soal tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Data hasil penelitian atau pencapaian hasil belajar diolah secara kualitatif digunakan metode statistik deskriptif. penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran pembelajaran interaktif terhadap perkembangan ketrampilan dengan pendekatan STM dalam meningkatkan hasil belajar murid yang meningkat dari 80,7% sampai 96,1%, jadi peningkatannya hingga 15%. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus pertama dengan persentase 74% dan mengalami peningkatan sebesar 18% menjadi 92% pada siklus kedua. Sedangkan aktivitas murid pada siklus pertama sebesar 72% dan mengalami peningkatan sebesar 24% pada siklus kedua sebesar 96% dan tergolong dalam kategori sangat baik. Repon murid SD Negeri 11 Jangka dalam penerapan model pembelajaran pembelajaran interaktif terhadap perkembangan ketrampilan dengan pendekatan STM berada pada kategori yang sangat baik yaitu yang menyatakan setuju mencapai 93,16% dan menyatakan baru 90,5% dari keseluruhan murid.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ananda, Rusdi dan Abdillah. (2020) Pembelajaran Terpadu (Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip Dan Model). Medan: LPPPI, 2018. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3585. Anugrahana, Andri. “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar,” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10, no. 3, (September 2020): 282- 289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Anita, S, S. Wulan, N. Hasanah. (2020). Pengembangan Media Pembelajran Diorama Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Negeri II. ISSN 2716-0157.
Asiyah. (2007). Penerapan Metode Pembelajaran Fortopolio Dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Materi Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 15 Semarang. Http://Dijilid.Unnes.Ac.Id/Gsdl/Coilect/ Skripsi/Index/ Assoc/ Hashaa 44.Dir/Doc.Pdf. Diakses tgl 5 agustus 2010.
Arindra E.B., Eka N. A., dan Enggar M.P. (2021) “Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Berbasis Whatsapp Di SD Yapita,” ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal 2, no. 1, (Maret 2021): 13-23, http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/ZAHRA.
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Cecep Kustandi dan Daddy Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Jakarta: Prenada Media, https://books.google.co.id/books/about/Pengembangan_Media_Pembelaj aran.html?id=cCTyDwAAQBAJ&redir_esc=y.
Depdikbud. (1994), Petunjuk Teknis Penilaian Bidang Studi IPA SLTP. Jakarta: Dirjen Didasmen.
Hasanah, S. T., R. Hidayat., M. Mirawati. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran interaktif Menggunakan Platform Genially Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air. Journal Of Social Science Research. Page 14440-14451. ISSN: 2807-4238.
Hisbullah dan Nurhayati Selvi. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Makassar: Aksara Timur. https://books.google.co.id/books/about/PEMBELAJARAN_ILMU_PEN GETAHUAN_ALAM_DI_SE.html?id=0iJ9DwAAQBAJ&redir_esc=y Karli, Yuliariatiningsih. (2002). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Bina Media Informasi.
Lestari, Novia. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Klaten: Lakeisha. https://www.google.co.id/books/edition/MEDIA_PEMBELAJARAN_Be rbasis_MULTIMEDIA_I/Rsr5DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Mardawani. (2020) Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Ryche, L. Rahmi. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif pada Materi Siklus Air Kelas V SDN 42 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia. Hal. 317-324. ISSN: 2961-9386.