IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IPA DI KELAS V SDN 28 BANDAR BARU

Isi Artikel Utama

Yusniah Yusniah
Nadia Aldyza
Danil

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Project based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi IPA kelas V serta tantangan yang dihadapi dalam menerapkannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan, pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model project based learning pada pembelajaran IPA di SD Dilaksanakan dengan menggunakan dua tahap yaitu : (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) Evaluasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pengimplementasian model project based learning dalam meningkatkan kemapuan berpikir kritis siswa pada materi IPA kelas V merupakan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sehingga menciptakan pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yusniah, Yusniah, Nadia Aldyza, dan M. Danil. “IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IPA DI KELAS V SDN 28 BANDAR BARU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1342–1348. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2611.
Bagian
Artikel

Referensi

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292 299.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aureola Dywan, A., Nurulsari, N., & Suyanto, S. (2020). Penerapan Model Project based learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kalor. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 4(2), 345-352.

Bisriadi. (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SD Negeri Model Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 295–306.

Cindy. (2022). Implementasi Model Project based learning Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar Di SD N 34/I Teratai. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, (3), 291.

Dharmayani, N. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project based learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 81-88.

Fahrezi, M., Haji, S., & Hartono, R. (2020). Keefektifan Model Project based learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Tata Surya. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(2), 116-122.

Fatmawati, K (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1619-1633.

Farihatun, S. M., & Rusdarti, R. (2019). Keefektifan pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635-651.

Iswantari, I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Paedagogy, 8(4), 490- 496.

Miles, M. B., & Thobroni, A. H. (2015). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Oktaviyanti, I., & Novitasari, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project based learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(1), 96-105.

Purbasari, R., Sulastri, E., & Arifin, Z. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 43-50.

Putriyanti, A. D., Suastra, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Project based learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 9(2), 112-128.

Ramadhani, R., Umam, R., Abdurrahman, A., & Syazali, M. (2019). The effect of flipped-problem based learning model integrated with ICT on students' creative thinking skills. International Journal of Engineering & Technology, 8(2), 120-127.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2), 119-125.

Rohana, R., & Wahyudin, A. (2017). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project based learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pedagogik, 4(2), 221-229.

Rohman, Khalilur. (2022). Pengelolaan Model Pembelajaran Project based learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad Ke 21 Di Sd Smart School Jakarta Selatan. Tesis

Sari, L. P., Listiadi, A., & Widjajanti, D. B. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Project based learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2).

Sheromova, O. A., Trushina, I. A., Ivanova, E. V., & Bulaeva, M. N. (2020). Modern Teacher's Competencies in the Context of the Implementation of the FSES. In International Scientific Conference" Far East Con"(ISCFEC 2020) (pp. 1001-1007). Atlantis Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, A., & Ramdiati, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project based learning Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 110-116.

Yasin, M. (2021). Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar. Jurnal Studi Kebijakan Pendidikan, 6(1), 1-15.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama