PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SIKLUS/ DAUR HUDUP HEWAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi daur hidup hewan. PBL merupakan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penyelesaian masalah sebagai cara untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group dan dianalisi menggunakan Uji-t. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas V UPTD SD Negeri 2 Simpang Mamplam yang dibagi kedalam dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen terdiri dari 12 siswa yang diterapkan dengan model PBL dan kelompok kontrol terdiri dari 12 siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif berupa tes berbentuk soal pilihan ganda yang menguji pemahaman konsep siklus/ daur hidup hewan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL memiliki peningkatan hasil belajar kognitif yang lebih signifikan dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil ini mengindikasikan bahwa model PBL dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi siklus/ daur hidup hewan dan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar kognitif siswa. Oleh karena itu, penerapan model PBL disarankan untuk digunakan sebagai alternatif metode pengajaran dalam pembelajaran IPA di sekolah.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Borrow, H.S. 1996. Problem-Based Learning in medicine and beyond: A Brief overviem. New Directions for Teaching and Learning.
Haerun, dkk. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMAN 1 Tongkuno. Jurnal Biofiskim. Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol.4, No.2, 2022. ISSN 2684-995X. 27-36.
Mardani, dkk. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, Vol. 5 No. 1, Bulan April Tahun 2021.p-ISSN:2614-8366, e-ISSN:2686-1925.55-65.
Rifai, dkk .2023. Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa berbasis penilaian autentik. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(7), 2023.ISSN: 2797-0132 753-759.
Robiyanto, agus. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pend idikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2– No. 1,2021, E-ISSN:2721-7957.114-121.