PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Isi Artikel Utama

Sri Dewi Murni
M. Danil
Nadia Aldyza

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup di tingkat sekolah dasar. Masalah yang dihadapi dalam pembelajaran IPA di SDN 8 Peusangan Selatan, Kabupaten Bireuen, mencakup rendahnya pemahaman siswa tentang konsep klasifikasi makhluk hidup serta terbatasnya media pembelajaran dan metode pengajaran yang kurang inovatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test, melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji statistik t-test, dan observasi kualitatif dilakukan untuk melihat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa tentang klasifikasi makhluk hidup dan memberikan dampak positif pada motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Murni, Sri Dewi, M. Danil, dan Nadia Aldyza. “PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1268–1278. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2675.
Bagian
Artikel

Referensi

Amin, A., et al. (2019). Penerapan PBL dalam Pembelajaran Biologi di SMP dan SMA. Jurnal Pendidikan Biologi.

Kemendikbud. (2017). Laporan Evaluasi Pendidikan di Indonesia.

Supriyadi, B., & Widiastuti, T. (2020). Penerapan PBL dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan IPA.

Sugianto, H., & Ernawati, E. (2018). Pengaruh PBL terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan.

Arianti, F., & Kurniawan, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 110-120.

Amin, A., Sulaiman, N., & Pratiwi, N. (2019). Pengaruh Metode Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 7(1), 15-22.

Kemendikbud. (2017). Laporan Evaluasi Pendidikan Dasar di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Hulu, B., & Telaumbanua, A. (2022). Pentingnya Kreativitas Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 45-52.

Natalia, M. (2017). Model Pembelajaran Problem-Based Learning: Penerapan dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(3), 244-251.

Nurridha, A., et al. (2020). Evaluasi Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 15(2), 98-106.

Sugianto, M., & Ernawati, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(4), 32-41.

Utomo, S. (2017). Model Pembelajaran Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 25-32.

Yasir, H. (2022). Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Analisis dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 112-118.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama