PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS DIGITAL CONTENT GAMIFIKASI DALAM BENTUK QUIZIZ UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI AJAR IPA PESERTA DIDIK

Isi Artikel Utama

Mega Pandu Winata
Nadia Aldyza
M. Danil

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian yang memiliki 3 tujuan penting yaitu 1). Bertujuan untuk melihat gambaran dari sebuah hasil belajar peserta didik, 2). Bertujuan untuk melihat materi ajar IPA berbasis digital content gamifikasi dalam bentuk quiziz untuk meningkatan hasil belajar materi ajar IPA peserta didik, 3). Bertujuan untuk menganalisi penerapan materi ajar IPA berbasis digital content gamifikasi dalam bentuk quiziz untuk meningkatan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelituian Tindakan Kelas, Dalam penelitian ini ini yang menjadi subjek adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Muara Dua pada tahun 2024/2025, jumlah peserta didik yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah sebanyak 15 peserta didik, dalam penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan materi ajar IPA berbasis digital content gamifikasi dalam bentuk quiziz untuk meningkatan hasil belajar terlihat sangat aktif dan sangat menyenangkan hal ini terlihat karena peserta didik dapat berkreasi dengan bebas dan peserta didik dapat melakukan semua tahapan pembelajaran dengan sangat baik, hasil observasi pada aktivitas penggunaan materi Ajar IPA berbasis digital content dalam peningkatan hasil belajar peserta didik terlihat berhasil hal ini dapat dilihat dari kedua siklus yang ada pada penelitian, Pada siklus I skor yang di di peroleh adalah 60 dalam kategori sedang dan pada siklus 2 skor yang di peroleh adalah 87 dalam kategori baik. 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pandu Winata, Mega, Nadia Aldyza, dan M. Danil. “PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS DIGITAL CONTENT GAMIFIKASI DALAM BENTUK QUIZIZ UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI AJAR IPA PESERTA DIDIK”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1301–1307. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2573.
Bagian
Artikel

Referensi

Bundu, Patta. 2006. Penilaian keterampilan proses dan sikap ilmiah dalam pembelajaran . Jakarta : Depdikna

Thiagarajan dkk (1974).Tahap-tahap pembelajaran.

Arikunto, S.2006. Metode penelitian kualitatif Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Azhar Arsyad. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama