PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI LEAFSNAP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TUMBUHAN SEBAGAI SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Digitalisasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan. Dengan pemanfaatan teknologi digital, pembelajaran menjadi lebih inklusif, fleksibel, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) 1. Bagaimana praktik dikelas dalam Penggunaan Media LeafSnap terhadap Peningkatan Hasil Belajar (2) Apa saja kelebihan dan kekurangan Penggunaan Media LeafSnap terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dengan jenis Literature Review atau tinjauan pustaka. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aplikasi LeafSnap menawarkan pendekatan yang menyegarkan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar, dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan bermanfaat. Penggunaan aplikasi ini dapat memperkaya pengetahuan siswa tentang dunia tumbuhan, mengembangkan keterampilan teknologi siswa usia dasar, serta mendorong pembelajaran berbasis lingkungan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan manfaat tersebut, aplikasi ini dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar. Kelebihan penggunaan media leafsnap terhadap peningkatan hasil belajar bahwa pembelajaran kontekstual dan interaktif, meningkatkan minat dan motivasi belajar, kemudahan dan kecepatan akses informasi, pengembangan keterampilan teknologi serta meningkatkan pemahaman visual. Adapun kekurangan penggunaan media leafsnap ketergantungan pada teknologi, kemungkinan ketidakakuratan data, keterbatasan dalam mendalami materi, hambatan infrastruktur dan aksesibilitas serta kurangnya interaksi manusia.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aikenhead, G., & Ryan, A. G. (1992). “The Development of a New Instrument: ‘Views on Science-Technology-Society’ (VOSTS)”. Science education. Science Education, 75(5), 477.
Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Resolusi Konflik Interpersonal. Jurnal Bk Unesa, 03(2009), 222–235.
Barata, J., & Kayser, I. (2024). How will the digital twin shape the future of industry 5.0? Technovation, 134(May). https://doi.org/10.1016/j.technovation.2024.103025
Burstein, D., Mitchell, R., Brown, E., & Gray, M. L. (2023). Supplemental educational program to heighten the impact of research – an opportunity for OA imaging. Osteoarthritis Imaging, 3(2), 100155. https://doi.org/10.1016/j.ostima.2023.100155
Inkeles, A. (1969). Making Men Modern: On the Causes and Consequences of Individual Change in Six Developing Countries. American Journal of Sociology, 75(2), 208–225. https://doi.org/10.1086/224767
Ipanaqué-Zapata, M., Figueroa-Quiñones, J., Bazalar-Palacios, J., Arhuis-Inca, W., Quiñones-Negrete, M., & Villarreal-Zegarra, D. (2023). Research skills for university students’ thesis in E-learning: Scale development and validation in Peru. Heliyon, 9(3). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13770
Iskandar, W., Rohman, N., & Yusuf, M. (2006). Kontribusi Pemikiran Imre Lakatos ( 1922-1974 ) Dalam Pendekatan Berbasis Saintifik di Madrasah Ibtidaiyah. Proceeding of International Conference on Islamic Education: Challenges in Technology and Literacy Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 13–21.
Kastarina, Y., Karniman, T. S., & Anggraini. (2016). Penerapan Model Pembelajaan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Fungsi Komposisi Di Kelas XI IPA I SMAN 7 Palu. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 269–281.
Kristini, E. (2020). Pembelajaran Berbasis Literasi Berbantuan Media TIK dengan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 495–508.
Kurniawan, S. (2019). Tantangan Abad 21 bagi Madrasah di Indonesia. Intizar, 25(1), 55–68. https://doi.org/10.19109/intizar.v25i1.3242
Maisarah, Ayudia, I., Prasetya, C., & Mulyani. (2023). Analisis Kebutuhan Media Digital Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.314
Rahmah, A. (2015a). Digital Literacy Learning System for Indonesian Citizen. Procedia - Procedia Computer Science, 72, 94–101. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.109
Rahmah, A. (2015b). Digital Literacy Learning System for Indonesian Citizen. Procedia Computer Science, 72, 94–101. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.109
Rezeqi, S., Ritonga, E. S., & Khairani, S. L. (2024). Analysis of students’ digital literacy ability in the Spermatophyta course. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 6(1), 1. https://doi.org/10.20527/bino.v6i1.16646
Riady, Y., Sofwan, M., Mailizar, M., Alqahtani, T. M., Yaqin, L. N., & Habibi, A. (2023). How can we assess the success of information technologies in digital libraries? Empirical evidence from Indonesia. International Journal of Information Management Data Insights, 3(2), 100192. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2023.100192
Rosidin. (2017). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING). Refletif, 1–17.
Setiawan, A. R. (2020). Desain Pembelajaran untuk Membimbing Siswa Sekolah Dasar dalam Memperoleh Literasi Saintifik. April 2020. https://doi.org/10.35542/osf.io/u59f8
Shoffner, M. (2006). The potential of weblogs in pre-service teachers’ reflective practice. InC. Crawford et Al. (Eds.). Proceedings of Society for Information Technology and Teacher Education International Conference, 2409–2415.
Siregar, T. R. A., Iskandar, W., & Rokhimawan, M. A. (2020). Literasi sains melalui pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA SD/MI di abad 21. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 243–257. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v7i2.582
Sugiyono;, P. D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sullivan, A., & Bers, M. U. (2016). Robotics in the early childhood classroom: learning outcomes from an 8-week robotics curriculum in pre-kindergarten through second grade. International Journal of Technology and Design Education, 26(1), 3–20. https://doi.org/10.1007/s10798-015-9304-5
Vieira, C. R., & Pedro, N. (2023). Weaknesses of ICT integration in the initial teacher education curriculum. Computers and Education Open, 5(October 2022), 100150. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2023.100150
Yafa, R. A., Mursidah, F., & Hidayatulloh, B. (2022). Systematic Literature Review : Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian , 2022, 163–177.