PENTINGNYA PROSES MENGINTEGRASIKAN EVALUASI SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Muhmmad Firdaus Al Fikri
Subahan Subahan
Neni Hermita

Abstrak

Artikel ini merupakan sebuah kajian teori tentang pentingnya proses evaluasi pembelajaran. Evaluasi merupakan kegiatan yang penting dilakukan oleh pendidik dalam proses pembelajaran. Dengan evaluasi pendidik dapat meningkatkan kompetensinya dalam pengelolaan kelas baik dalam pemilihan metode pebelajaran, media, bahan ajar, dan lain sebagainya yang dapat memotivasi peserta didik untuk belajar. Selain itu dengan evaluasi pendidik dapat mengetahui tingkat keberhasilan peserta didiknya. Oleh karena itu pendidik harus melakukan kegiatan evaluasi dengan benar. Namun, kenyataannya masih banyak pendidik yang belum melaksanakan proses evaluasi dengan baik khusunya di sekolah dasar. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan yang dimiliki pendidik tentang evaluasi itu sendiri. Sehingga diperlukan pengetahuan tentang konsep, peranan evaluasi hingga tata cara pelaksanaan evaluasi agar memperoleh hasil evaluasi yang dapat menggambarkan keadaan peserta didik sesungguhnya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Al Fikri, Muhmmad Firdaus, Subahan Subahan, dan Neni Hermita. “PENTINGNYA PROSES MENGINTEGRASIKAN EVALUASI SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2068–2076. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2756.
Bagian
Artikel

Referensi

Amirono dan Daryanto. Evaluasi Dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Gava Media, 2016.

Anwar, Khoirul. “Urgensi Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Rausyan Fikr Jurnal Pemikiran & Pencerahan 17, no. 1 (2021): 109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i1.4183.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

B., Mahirah. “Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa).” Jurnal Idaarah. Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 2(2017). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269.

Hasan Bisri, Muhammad Ichsan. “Penilaian Otentik Dengan Teknik Nontes Di Sekolah Dasar.” Jurnal Sosial Humaniora 6, no. 2 (2015). https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jsh.v6i2.503.

Ina Magdalena, Fatikah Mulyani, Nuri Fitriyani, dan Awalia Hapsa Delvia. “Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar Di SD Negeri Bencongan 1.” Pensa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (2020). https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pensa.v2i1.818.

Ina Magdalena, Hadana Nur Fauzi, dan Raafiza Putri “Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya.” Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains 2, no. 2 (2020): 250. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/bintang.v2i2.986.

Ismail, Muhammad Ilyas. Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik Dan Prosedur. Depok: Rajawali Pers, 2020.

Kadir, Abdul. “Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar.” Jurnal Al- Ta’dib. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan 8, no. 2 (2015):80.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.411.

L, Idrus. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9, no. 2 (2019): 921. https://jurnal.iain- bone.ac.id/index.php/adara/article/view/427.

Manahung, Isra Manungki dan M. Ramoend. “Metode Outdoor Learning Dan Minat Belajar.” EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) 2,no. 1 (2021): 82–109. https://doi.org/https://doi.org/10.58176/edu.v2i1.111.

Nadjamuddin, Dewi Monalisa Kadir dan Asriyati. “Penerapan Metode Example Non Example Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika.” EDUCATOR : Directory of Elementary Education Journal 1, no. 2 (2020): 107–21. https://doi.org/https://doi.org/10.58176/edu.v1i2.166.

Olii, Sri Susanti, and Amalia Rizki Pautina. “PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP” 1, no. 1 (2020): 73–89. https://doi.org/https://doi.org/10.58176/edu.v1i1.71.

Raida Namira Aulia , Risma Rahmawati, Dede Permana. “Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa Di Sekolah Dasar.” Jurnal BELAINDIKA 1, no. 1 (2020): 6. https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/download/22/12/.

Riadi, Akhmad. “Problematika Sistem Evaluasi Pembelajaran.” Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 15, no. 27 (2017): 1.

Rohmah, Fitri Nur. “Urgensi Evaluasi Untuk Pendidikan.” FIKROTUNA Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam 5, no. 1 (2017): 1. https://doi.org/https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2954.

Siti Hidayana, Dkk. “Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman.” EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) 2, no. 1 (2021):

–81. https://doi.org/https://doi.org/10.58176/edu.v2i1.152.

Sugianto, Aris. “CIRI-CIRI (KARAKTERISTIK) TES YANG BAIK.” Palangka

Raya, 2016. https://www.researchgate.net/profile/Aris- Sugianto/publication/306057639_CIRI- CIRI_KARAKTERISTIK_TES_YANG_BAIK/links/57acb4d908ae42ba52b 25986/CIRI-CIRI-KARAKTERISTIK-TES-YANG-BAIK.pdf.

Thoha, M. Chabib. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

Widoyoko, Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik Dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Cetakan ke. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2018.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama