IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI EKSPERIMEN GERAK ROTASI DAN REVOLUSI BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 192 PEKANBARU

Isi Artikel Utama

Fina Violina Herman
Laras Ramadhani
Neni Hermita
Rifqa Gusmida Syahrun Barokah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) melalui eksperimen rotasi dan revolusi Bumi terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 192 Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, melibatkan 30 siswa. Pembelajaran mengikuti tahapan PBL: identifikasi masalah, eksperimen, diskusi, dan pemaparan hasil. Hasil menunjukkan skor pemahaman konsep rotasi Bumi sebesar 90 dan revolusi Bumi 85, dengan ketepatan jawaban 90, partisipasi diskusi 80, dan kerapian penulisan 70. Secara keseluruhan, hasil belajar tergolong “baik”. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL berbasis eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran IPA.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Herman, Fina Violina, Laras Ramadhani, Neni Hermita, dan Rifqa Gusmida Syahrun Barokah. “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI EKSPERIMEN GERAK ROTASI DAN REVOLUSI BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 192 PEKANBARU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4442–4447. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3424.
Bagian
Artikel

Referensi

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Fitria, S. Z. U., & Suryanti. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD Abstrak. Jpgsd, 11, 1100–1113.

Ghaira, L., Vebrian, R., Keguruan, F., Muhammadiyah, U., & Belitung, B. (2024). Implikasi Model Pembelajaran Project-based Learning dengan Pendekatan Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. 08(August), 1941–1950.

Handono, D., Fitrotun Nisa, A., Prihatni, Y., & Negeri Jetak, S. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan & Artikel Pendidikan , 15(2), 2579–4965. http://journal.ummgl.ac.id/nju/index.php/edukasi

Kumalasari, N. S., & Pramono, R. (2024). Penerapan Model Problem Based-Learning Berdiferensiasi Metode Station Rotation untuk Meningkatkan Literasi, Keterampilan Berpikir Kritis, serta Kreativitas Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(8), 637–649. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3264

Rakhmawati, D. (2021). Advantages and Disadvantages of Problem Based Learning Models. SHEs: Conference Series, 4(5), 550–554. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Sucipto, S. (2017). Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 77. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p77-85

Sugiana, N., Maharani, S., Ferryka, P. Z., Dasar, G. S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Widya, U., & Klaten, D. (2024). Sosialisasi Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching ( CRT ) Materi Mengenal Segiempat Kelas IV Bagi Pendidik SD Negeri 2 Brangkal. 02(02), 434–441.

Yuniar, R., Nurhasanah, A., Rahman Hakim, Z., & Asih Vivi Yandari, I. (2022). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Model Pbl (Problem Based Learning) Sebagai Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1134–1150. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6408

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama