EKSPERIMEN MOBIL BERTENAGA BALON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MEMAHAMI KONSEP ENERGI DI SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini mengkaji penerapan materi Transformasi Energi dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dalam kehidupan sehari-hari. Melalui eksperimen sederhana siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep dasar energi dan perubahan bentuknya. Metodologi penelitian ini melibatkan analisis kualitatif terhadap penerapan materi Transformasi Energi dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dan observasi kegiatan eksperimen di kelas. Penelitian ini juga mengumpulkan data dari pengalaman siswa dalam memahami konsep-konsep energi melalui percakapan praktikum dan pengamatan langsung terhadap perubahan bentuk energi yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan praktikum yang interaktif dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi pemahaman mereka terhadap materi. Namun, tantangan yang dihadapi mencakup keterbatasan alat peraga dan waktu yang terbatas untuk eksperimen. Dengan pendekatan yang tepat, materi ini dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan ilmiah serta menghubungkannya dengan realitas sehari-hari, yang penting untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan sains di masa depan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Astuti, R. B., & Airlanda, G. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen terhadap Kognitif Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 353–362. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.50893
Bani, M. (2023). Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan metode eksperimen pada pelajaran ilmu pengetahuan alam. Jurnal Kolaborasi, 4(3). https://ejournal.dwipantara.org/index.php/edunova/article/view/20
Erawati, D. S., & Rodiyana, R. (2024). Implementasi metode Team Group Tournament dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar: Studi Literatur Review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 1273–1284. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/download/1571/873/
Fadilah, S. N. U., Munthe, T. Y., & Kartikarini, A. (2024). Mendorong Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis PBL Berbantuan Laboratorium Virtual. Proceeding Seminar Nasional IPA, 207–213. https://proceeding.unnes.ac.id/snipa/article/view/3667
Martir, L., Sayangan, Y. V., & Beku, V. Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPAS. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 757–766. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1829
Niyanti, P. E., Setyaningrum, F. P., Rachman, G. W., & Wandita, F. (2022). Implementasi pembelajaran fisika topik usaha dan energi berdasarkan publikasi ilmiah. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi, 1(2), 99–118. https://doi.org/10.58797/pilar.0102.05
Sappaile, B. I., Hikmah, N., Simanugkalit, L. N., Trinova, Z., & Al Haddar, G. (2023). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan Pada Peserta Didik Kelas V SDN. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9981–9989. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3329
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). Studi literatur: Upaya dan strategi meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(1), 9–26. https://www.neliti.com/id/publications/586022/
Suleman, M. A. (2024). Meningkatkan keterampilan komunikasi siswa melalui penerapan experiential learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1530–1538. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1101
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 2(2). https://share.google/2as15qEq4mlkh4ZWv