MENGENALKAN ENERGI ANGIN MELALUI PEMBUATAN KINCIR ANGIN SEDERHANA: PRAKTIK PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS PBL DI KELAS 3 SD 147 PEKANBARU

Isi Artikel Utama

Suci Nurzazili Herda
Zulaikha Widyadhari
Neni Hermita
Rifqa Gusmida Syahrun Barokah

Abstrak

Pembelajaran tentang energi merupakan komponen fundamental dalam pengembangan literasi sains pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini mengkaji implementasi metode Problem Based Learning (PBL) dalam memperkenalkan konsep energi angin melalui pembuatan kincir angin sederhana. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan proses pembelajaran praktis yang melibatkan siswa secara langsung dalam memahami prinsip kerja energi angin. Penelitian dilaksanakan di SD 147 Pekanbaru dengan melibatkan 32 siswa kelas 3 dalam satu pertemuan pembelajaran IPAS. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pendekatan praktis berbasis PBL mampu meningkatkan pemahaman konseptual siswa tentang energi terbarukan, mendorong keterampilan kolaboratif, dan menumbuhkan kesadaran lingkungan sejak dini. Aktivitas pembuatan kincir angin memfasilitasi siswa mengonstruksi pengetahuan mereka melalui pengalaman langsung, yang membuat pembelajaran konsep abstrak menjadi lebih bermakna dan kontekstual.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Herda, Suci Nurzazili, Zulaikha Widyadhari, Neni Hermita, dan Rifqa Gusmida Syahrun Barokah. “MENGENALKAN ENERGI ANGIN MELALUI PEMBUATAN KINCIR ANGIN SEDERHANA: PRAKTIK PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS PBL DI KELAS 3 SD 147 PEKANBARU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3798–3805. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3172.
Bagian
Artikel

Referensi

Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831

Al Aziiz, M. S., & Kurnia, D. (2024). Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan PBJL (Project Based Learning). Rayah Al-Islam, 8(4), 2386–2400. https://doi.org/10.37274/rais.v8i4.1213

Budiyono, A. & H. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA.

Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). Pengembangan Media Konkret Pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313–333. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6754

Fadhilah, N., Risanti, D. D., Wahyuono, R. A., Sawitri, D., Mawarani, L. J., & Muharja, M. (2025). Penggunaan Media Peraga Berbasis Energi Terbarukan Guna Menunjang Model Pembelajaran Student-Centered Learning di SDN Ajung 01 Kalisat. Sewagati, 9(1), 2666–2677. https://doi.org/10.12962/j26139960.v9i1.2403

Nisa, F., Nurimani, A., Zuhriyah, P., Matematika, K., & Negara, I. (2024). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II PMAT 048 Penerapan Model Pembelajaran Hands-on Untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Statistika.

Nurfadhillah, S., Nurfalah, K., Amanda, M., Kauniyah, N., Anggraeni, R. W., & Tangerang, U. M. (2021). PENERAPAN MEDIA VISUAL UNTUK SISWA KELAS V DI SDN MUNCUL 1. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Sintya Devi, P., & Wira Bayu, G. (2020). id 2 Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. 8(2), 238–252.

Veronika Tiara, Ninawati Ninawati, Fransiska Liska, Rabiatul Alya, & Yusawinur Barella. (2024). Menggali Potensi Problem Based Learning: Definisi, Sintaks, Dan Contoh Nyata. SOSIAL : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(2), 121–128. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i2.153

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama