PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERMUATAN BUDAYA MELAYU TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS 5 SD TENTANG KESEIMBANGAN POLA MAKAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN

Isi Artikel Utama

Farida Hadziqotul Fauziyyah
Maisyaroh
Neni Hermita
Rifqa Gusmida Syahrun Barokah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan budaya Melayu dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terhadap pemahaman siswa tentang sistem pencernaan manusia dan kesadaran mereka tentang pentingnya pola makan yang seimbang. Latar belakang penelitian ini adalah karena masih banyak masalah gizi pada anak-anak usia sekolah dan pemahaman siswa tentang sistem pencernaan yang masih rendah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 26 siswa kelas V di sebuah sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui tes sebelum dan sesudah pembelajaran, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat dari 76,92 menjadi 87,69 setelah pembelajaran yang mengintegrasikan budaya Melayu. Selain peningkatan kemampuan belajar, penggunaan budaya Melayu juga membantu membentuk karakter siswa, seperti sikap gotong royong, tanggung jawab, dan kesadaran akan kesehatan. Penelitian ini menyarankan agar model pembelajaran yang mengaitkan budaya lokal dikembangkan lebih lanjut untuk mendukung Kurikulum Merdeka dan meningkatkan literasi sains siswa di sekolah dasar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fauziyyah, Farida Hadziqotul, Maisyaroh, Neni Hermita, dan Rifqa Gusmida Syahrun Barokah. “PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERMUATAN BUDAYA MELAYU TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS 5 SD TENTANG KESEIMBANGAN POLA MAKAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 8, 2025): 4605–4610. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3314.
Bagian
Artikel

Referensi

Ariani, C., Makrifatul, S., Bengkulu, I., & Id, S. C. (2023). Pembelajaran IPA di MI dalam Konsep Kurikulum Merdeka belajar. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 4289–4295. https://jim.usk.ac.id/sejarah

Bastian, A., & Firdaus, M. (2024). Cultural Outreach : Integrasi Budaya Melayu dalam Pendidikan Modern. Journal of Human And Education, 4(6), 1431–1439.

Fitriana, R. (2014). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2014. Procedia Manufacturing, 1(22 Jan), 1–17.

Lokaria, M. W. E., & Sepriyaningsih. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Mareta. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Mahla Noer Rozqiyah Syam, Singgih Bektiarso, T. P. (2024). Implementasi Pembelajaran Ipa Berbasis Kearifan. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2023, 411–418.

Mulyani, E. A., Fauza, N., Putra, Z. H., Novianti, R., Gusmida, R., & Barokah, S. (2024). Persepsi Guru dalam Pemberdayaan Pelestarian Warisan Budaya Lokal Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal of Human And Education, 4(6), 290–297.

Nurlim, F. H. A. R. (2025). HUBUNGAN PERILAKU MENJAGA POLA MAKAN DENGAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM PENCERNAAN SISWA KELAS XI MIPA MADRASAH ALIYAH TARBIYATUT THOLABAH LAMONGAN. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 13.

Nursyfa, Nu. F. F. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIDI (DISCOVERY & DIGITAL LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN PADA SISWA KELAS V SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08.

Oliveira, M. L. de, Castagnoli, J. de L., Machado, K. M. C., Soares, J. M., Teixeira, F., Schiessel, D. L., Santos, E. F. dos, & Novello, D. (2022). Interdisciplinary Educational Interventions Improve Knowledge of Eating, Nutrition, and Physical Activity of Elementary Students. Nutrients, 14(14). https://doi.org/10.3390/nu14142827

Sa, A., Deviani, A. P., Janah, U., & Murni, A. W. (2025). Pengembangan media pembelajaran papan pintar materi sistem pencernaan manusia untuk kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 87–93.

Saputri, A. N., & Desstya, A. (2023). Implementasi Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Sragen. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 154–165. https://doi.org/10.30651/else.v7i2.18280

Siti Halimah Khaerani, Septiana Dwi Utami, S. M. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. JOURNAL OF BANUA SCIENCE EDUCATION, 1.

Sugirah Nour Rahman, Nurfaidah, Ishak Bachtiar, Nur Alam, & Abdul Malik Asikin. (2024). Peningkatan Pengetahuan Melalui Edukasi Gizi Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 90 Kampung Beru Takalar. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 65–70. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15320

Tabun, Y. F. (2024). Pengembangan Pembelajaran Ipa Berbasis Kearifan Lokal (Hamis Batar) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2), 257–263. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i2.1139

Wahyu, Amira, Anggraini, Ariska, Puspita, A. F., Talia, M., Kurniawati, N. P., & Agustian, R. (2022). Sosialisasi Tentang Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 12 Sungai Pinang Kecamatan Sambas. Hippocampus: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16–20. https://doi.org/10.47767/hippocampus.v1i1.360

Wigati, A., & Nisak, A. Z. (2022). Pentingnya Edukasi Gizi Seimbang Bagi Kesehatan Reproduksi Remaja. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(1), 85–90. https://doi.org/10.26751/jai.v4i1.1517

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama