IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA MINIATUR GUNUNG MELETUS DALAM MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 147 PEKANBARU

Isi Artikel Utama

Utari Oktadika
Adelia Junita
Neni Hermita
Rifqa Gusmida Syahrun Barokah

Abstrak

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang diintegrasikan dengan pemanfaatan media miniatur gunung berapi dalam upaya meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman konseptual siswa kelas IV SD pada materi letusan gunung berapi di SDN 147 Pekanbaru. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus dipilih sebagai metodologi penelitian untuk mengkaji fenomena secara mendalam dalam konteks alami. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas IV yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif untuk mengamati interaksi dan keaktifan siswa, tes diagnostik dan formatif untuk mengukur pemahaman konsep, serta dokumentasi visual (foto dan video) sebagai bukti pendukung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PBL yang didukung oleh media miniatur gunung berapi berjalan sangat efektif. Hal ini terlihat dari peningkatan signifikan pada tingkat partisipasi siswa dalam setiap tahapan pembelajaran, serta adanya peningkatan yang substansial pada pemahaman konseptual mereka terhadap materi letusan gunung berapi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah yang dikombinasikan dengan media miniatur gunung berapi tidak hanya memberikan pengaruh positif terhadap keterlibatan siswa, tetapi juga secara signifikan meningkatkan kualitas pemahaman mereka terhadap materi IPAS yang kompleks.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Oktadika, Utari, Adelia Junita, Neni Hermita, dan Rifqa Gusmida Syahrun Barokah. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA MINIATUR GUNUNG MELETUS DALAM MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 147 PEKANBARU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4256–4261. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3352.
Bagian
Artikel

Referensi

Afni, N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. In Mathematic Education Journal)MathEdu (Vol. 5, Issue 1). http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Mirajnur Rizki, A., Wijaya Saputra, D., & Hayun, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Project Based Learning melalui Media Miniatur Gunung Meletus dalam Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Pondok Cabe Ilir 01.

Octaviyani, S., & Dwanda Putra, L. (2021). Efektivitas pemanfaatan media miniatur untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi IPA SD MUBATA. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 172–186. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i1.xxxx

Prayogo, S. M., Sari, I. N., & Maghfirotusyam, F. (2025). Efektivitas Media Miniatur Gunung Berapi dari Bahan Alami terhadap Pemahaman Konsep IPA di MI Al- Azhar Ajung Jember. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA, 8(1).

Rozali, Y. A. (2022). PENGGUNAAN ANALISIS KONTEN DAN ANALISIS TEMATIK. In Penggunaan Analisis Konten dan Analisis Tematik Forum Ilmiah (Vol. 19). www.researchgate.net

Safarudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research.

Sagita, E., Amalia, V., & Dwishiera C.A., N. (2023). Studi Literatur: Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 14. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.242

Sholihah, N. A., & Adri, H. T. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS di SD Melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Berbantuan Media Power Point. DIDAKTIK GLOBAL JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN , 2. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri

Uliyandari, M., & Lubis, E. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Media Alat Peraga (Gunung Berapi) Pada Mata Pelajaran IPA SDN 013 Bengkulu Utara. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 74–78. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.74-78

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama