ANALISIS KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA DI SDN 164 SWAKARYA PEKANBARU MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan kolaboratif siswa kelas V di SDN 164 Swakarya Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dalam topik ekosistem. Latar belakang penelitian ini muncul dari pentingnya pengembangan keterampilan abad ke-21, terutama kemampuan kolaborasi, yang masih belum banyak diterapkan secara optimal di tingkat sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, dokumentasi hasil proyek siswa, serta catatan aktivitas di lapangan. Hasil studi mengindikasikan bahwa implementasi model PjBL secara nyata meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerja sama, membagi peran dan tanggung jawab, berpikir secara kritis, berkomunikasi dengan baik, serta menyelesaikan tugas kelompok secara efisien. Faktor-faktor internal seperti rasa tanggung jawab dan empati, serta faktor eksternal seperti dukungan dari guru dan suasana belajar yang mendukung, sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kolaborasi siswa. Oleh karena itu, PjBL terbukti menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan kemampuan kolaborasi siswa sekolah dasar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan Kolaborasi Siswa Melalui Model Project Based Learning Menggunakan Zoom Pada Materi Ekosistem. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(2), 143. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6330
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Dasar, S., Mataram, I. N., & Beleka, S. D. N. (2024). Analisis kemampuan kolaborasi siswa dalam belajar di sekolah dasar. 8, 304–312.
Fahlevi, M. R. (2025). BELAJAR TINGGI ANALYSIS OF STUDENT LEARNING METHODS WHO HAVE HIGH LEARNING MOTIVATION. 2002, 867–871.
Hervin, R. P., Naila, I., & Faradita, M. N. (2024). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Media Diorama Pada Pembelajaran Materi Ekosistem. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 927–937.
Husein, R. A., Fatkhiyani, K., & Khoimatun, K. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Ipa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4909–4922. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9534
Ilmiah, A. J., & Madrasah, P. (2024). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI KELAS V PADA MATERI EKOSISTEM Qonita Nurhamidah Nasution Universitas Pendidikan Indonesia , Sumedang , Jawa Barat Enjang Yusup Ali Universitas Pendidikan Indonesia , S. 8(4), 1930–1943. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4069
Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. C.E.S 2022 Conference of Elementary Studies, 14–23.
Putri, J. H. E., Adella, M., Putri, D. A., Walidaini, I., & Nasution, I. (2024). Peran Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kolaborasi di Lingkungan Pendidikan Indonesia. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 547–552.
Rineksiane, N. P. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Untuk Membantu Siswa Dalam Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 82–91. https://doi.org/10.17509/jpm.v7i1.43124
Rizal, A. A., Susilawati, D., Meilani, R., & Yusup, R. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 773–778. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.3116
Septiani, E., Muhammadiah, M., & Mappamiring, M. (2021). Faktor Pendukung Dan Penghambat Proses Collabortive Governance Dalam Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau Di Kabupaten Luwu Utara. JPPM: Journal of Public Policy and Management, 3(1), 01–06. https://doi.org/10.26618/jppm.v3i1.4900
Sofwatillah, Risnita, Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Teknik Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 79–91.
Thariq, R. A., Rahayu, N. N., Siswoyo, A. A., Madura, U. T., & Inda, P. T. (2024). PENERAPAN PORTOFOLIO HASIL BERBANTUAN MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI EKOSISTEM JARING-JARING PENERAPAN PORTOFOLIO HASIL BERBANTUAN MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR I. 2(12).
Triwoelandari, R., Rahmawati, P., & Gustiawati, S. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas 5 SD/MI. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(3).
Zulfikar, M. D., & Zulfikar, R. J. (2025). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KOLABORASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANG ANYAR LANGSA. 1, 47–57.