PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 1 KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS IV SD NEGERI 200203 SITAMIANG KOTA PADANGSIDIMPUAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perningkatan hasil belajar dengan penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 200203 Sitamiang Kota Padangsidimpuan.Jenis penilitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas), subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 200203 Sitamiang Kota Padangsidimpuanyang berjumlah 15siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil observasi dari kegiatan ulangan akhir ditemukan 6 siswa tuntas dan 9 siswa tidak tuntas dengan rata-ratasebesar (40,00%), kemudian setelah model pembelajaran Talking Stick diterapkan rata-rata hasil belajar siswapada Siklus I ditemukan 9 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas (53,00%) selanjutnya siklus II menunjukkan hasil belajar siswa meningkat menjadi 13 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas (87,00%). Berdasarkan perbandingan hasil belajar siswa dapat disimpulkan Siklus I (53,00%) dan pada Siklus II (87,00%) . Hasil penelitian dengan model pembelajaran Talking Stick memberikan dampak baik terhadap perkembangan nilai hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 200203 Sitamiang Kota Padangsidimpuan.
Kata kunci:Peningkatan Hasil Belajar, Model Talking Stick
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.