peningkatan keterampilan berbicara siswa menggunakan metode show and tell SD Negeri 100116 Sigumuru kecamatan angkola barat kabupaten tapanuli selatan

Isi Artikel Utama

Siti Innah
Rosnida Siregar
Nurbaiti Nurbaiti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah penelitian apakah terdapat peningkatan yang relevan antara penggunaan metode pembelajaran Show and Tell terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 100116 Sigumuru Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Ajaran 2021/2022. Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdapat dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 100116 Sigumuru Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata bahasa Indonesia dalam keterampilan berbicara sebelum menggunakan metode Show and Tellnilai rata-rata 60,75 berada pada kategori “Kurang”. Sesudah menggunakan metode Show and Tell nilai rata-rata pada siklus I sebesar 71 dan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 79,95 berada pada kategori “Baik”. Dari perbandingan hasil keterampilan berbicara siswa kelas III SD pada siklus I sebesar 50% dan pada siklus II sebesar 90%.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Show and Tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam proses pembelajaran.


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Innah, Siti, Rosnida Siregar, dan Nurbaiti Nurbaiti. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Metode Show and Tell SD Negeri 100116 Sigumuru Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 2 (Mei 3, 2021): 5–11. Diakses Desember 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/36.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >>