PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 01 SUNGAI RUMBAI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian yang akan di lakukan yaitu, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdeferensiasi terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V di SD Negeri 01 Sungai Rumbai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian pre-eksperimental, dengan bentuk desain two group pretest. Sampel penelitian terdiri dari 34 peserta didik yang merupakan seluruh peserta didik kelas V, terdiri dari 2 kelas yaitu VA dan VB yang masing-masing kelas berjumlah 17 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 25 butir, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika peserta didik kelompok eksperimen dengan pembelajaran diferensiasi sebesar 76 dan untuk kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional adalah sebesar 56,4 maka sesuai dengan kriteria pengujian tolak ????0 dan terima ????1. sehingga rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran berdiferensiasi lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didikmata pelajaran matematika materi kelipatan dan faktor kelas V SD Negeri 01 Sungai Rumbai.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407.
Bayumi, d. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdeferensiasi.Yogyakarta:
DEEPUBLISH.
Cindyana, E. A., Alim, J. A., & Noviana, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Materi Ajar Geometri Berbasis Rme Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 1179
Defitriani, E. (2018). Differentiated Instruction: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Penerapannya. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2 (2), 2018.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan siswa Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdeferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan.
Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai landasan pendidikan vokasi di era kurikulum merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).
Laia, I. S. A., Perlindungan, S., Surbakti, M., Simanullang, E. N., Tumanggor, R. M., & Silaban, B. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(20): 314–321.