PERANCANGAN MODUL PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI CONSTRUCT 2 SEBAGAI ALAT BANTU MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 BATANG ANGKOLA
Kata Kunci:
perancangan modul, Penggunaan aplikasi Construct 2, ADDIEAbstrak
Pada abad ke 21 atau era globalisasi sekarang ini terjadi transformasi pada kemajuan ilmu dan teknologi, yaitu dengan perkembangan IPTEKS sangatlah cepat dan mempunyai dampak yang sangat bervariasi. Oleh karena itu para guru sebagai pendidik perlu menguasai dan menerapkan Teknologi Informasi, komunikasi dan pembelajaran. Karena setiap proses pembelajaran yang berkualitas akan dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas juga dan mempunyai ilmu dimasa yang akan datang dan dapat membangun bangsa. Dengan demikian Upaya pembaharuan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa yang efektif yaitu dengan menggunakan modul praktikum. Modul adalah dapat diartikan sebagai bahan ajar secara sistematis serta menarik,baik yang mencakup isi materi metode dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana merancang modul modul aplikasi construct 2 dan untuk menguji kelayakan Modul aplikasi construct 2. Penelitian ini menggunakan metode Research dan Development (R&D) Dengan menggunakan model atau pendekatan ADDIE (1) Analysis, (2) design, (3) development, (4) implementasi, (5) evaluation. Subjek Penelitiannya yaitu guru di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data ahli, kuisoner (Angket) respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Validasi Modul Praktikum Nilai persentase 93,3%, dan dapat di kategorikan sangat valid. Selanjutnya hasil persentase uji coba kelayakan dari respon guru mendapatkan nilai persentase 86,1% modul termasuk dalam kategori sangat baik.
Referensi
Agustien, Relis, Nurul Umamah, and S Sumarno, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman Di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS’, Jurnal Edukasi, 5.1 (2018), 19 <https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010>
Ahmad Zaki, Diyan Yusri, ‘Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu’, Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7.2 (2020), 809–20 <https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618>
Anisah, Aan, and Ezi Nur Azizah, ‘Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran Dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS (Eksperimen Kuasi Pada Kelas VII Di SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon)’, Jurnal Logika, 18.3 (2016), 1–18 <http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/logika/article/viewFile/215/138>
Arisandy, Debby, Jefri Marzal, and Maison Maison, ‘Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5.3 (2021), 3038–52 <https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.993>
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitiian
Beby Meidhita Syam (2020). Pengambangan Media Pembelajaran Menggunakan Construct 2 Pada Materi Relasi dan Fungsi Untuk Kelas VIII SMP. JEP (Jurnal Eksakta Pendidikan) ISSN (P) : 2614-1221; ISSN(E):2579-860X
Cahyaningtyas, Rosita, and Siska Iriyani, ‘Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Smp Negeri 3 Tulakan, Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan’, Indonesian Journal on Networking and Security, 4.2 (2015), 15–20 <https://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/1308>
Ekawarna, E, M Salam, and Y Anra, ‘Memilih Masalah Untuk Penelitian Tindakan Kelas: Bahan Kajian Untuk Pelatihan Guru Menyusun Laporan Hasil PTK’, Jurnal Karya Abdi …, 5.1 (2021), 52–62 <https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/13805>
Mardiani, Evi, and Siti Romlah Noerhodijah, ‘Penyusunan Modul Pembelajaran Jaringan Tumbuhan Berbasis Hakikat Sains’, Biodidaktika, Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 10.2 (2015) <https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v10i2.601>
Prof.Dr.Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen
Prof.Dr.Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.
Ririn Febriyanti dkk (2021). Implementasi Construct 2 Dalam Pengembangan Game Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ISSN(P): 2337-7666; ISSN(E):2541-6499
Simbolon, Julita, Hilman Haidir, and Ibrahim Daulay, ‘Pengaruh Penggunaan Model Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 05 Medan’, Kompetensi, 12.2 (2019), 116–21 <https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.