PENGARUH KETERAMPILAN DASAR KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR

Penulis

  • eli hamida institut pendidikan tapanuli selatan
  • Lukman Hakim Siregar
  • Muhammad Syahril Harahap

Kata Kunci:

keterampilan, dasar komputer, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan dasar komputer siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Negeri 1 Marancar. Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Negeri 1 Marancar. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh keterampilan dasar komputer terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Negeri 1 Marancar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Marancar. Metode yang akan dipergunakan dalam penelitian ini, yaitu metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Marancar yang terdiri dari 1 kelas sebanyak 24 siswa. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Marancar dengan jumlah 24 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui gambaran keterampilan dasar komputer siswa di kelas X SMK Negeri 1 Marancar berada pada kategori baik sekali dengan nilai rata-rata sebesar 3.21.

Referensi

Luqman Hakim, R. S. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cisco Packet Tracer Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ 1 Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Di SMK Negeri 1 Kendit Situbondo. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 6(2), 39–53.

Rangkuti Ahmad, Nizar. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: IKAPI.

Siregar, Lukman Hakim. Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol.7 No.1 Edisi Januari 2019

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Suryani (2016). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.

Tiur Asi Siburian (2013). Metodologi Penelitian Manajemen Pendidikan. Jakarta: Halaman Moeka

Yahfizham (2019). Dasar - Dasar Komputer. Medan: Perdana Publis

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-02-26

Cara Mengutip

hamida, eli, Lukman Hakim Siregar, & Muhammad Syahril Harahap. (2024). PENGARUH KETERAMPILAN DASAR KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(3), 13–17. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/256

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>