ANALISIS KESIAPAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA KELAS X TKJ SMK SWASTA (YAPIM) PASAR BINANGA

Penulis

  • ledya ipts
  • Lukman Hakim Siregar
  • Ahmad Zainy

Abstrak

Masalah  yang ditemukan peneliti di SMK Swasta YAPIM adalah ada beberapa siswa tidak memiliki alat komunikasi atau handphone,  jaringan yang tidak stabil dan masalah ekonomi yang tidak mendukung.Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kesiapan belajar siswa dalam proses pembelajaran daring untuk mengetahui tanggapan siswa dalam kegiatan pembelajaran  satu pertemuan dalam pembelajaran daring. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna atau data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai dibalik data yang tampak. Hasil dari penelitian ini adalahBerdasarkan hasil dari nilai angket yang dibagikan kesiswa untuk melihat kesiapan siswa dalam pembelajaran daring dapat disimpulkan bahwa siswa yang sangat siap berjumlah 5 siswa dengan nilai 33,3%, sedangkan yang siap 8 siswa dengan nilai 53,3 % dan yang tidak siap 2 siswa dengan nilai 13,4%. Jadi jumlah keseluruhan dari siswa sangat siap, siap,tidak siap apabila dijumlahkan maka akan berjumlah nilai 100%.

Kata Kunci:  Kesiapan, siswa dalam  pembelajaran daring

 

Referensi

Ahmad Ferdian 2018. Analisis Kesiapan Belajar Siswa Kelas X MIPA Dalam Pembelajaran Kimia, Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. Volume 2 Nomor 1.

Ambar Indriastuti 2017. Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa Dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Informasi Dan Komunikasi

Ahmad Marzuki 2017. Efektifitas Media Pembelajaran CD Interaktif Berbasis Adobe Flash CS5 Dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Fakultas Agama Islam. Volume 1, Nomor 2.

Dyah Wuri Handayani 2015. Pengambangan Pembelajaran Daring. (Grup Penerbit CV Budi Utama Yogkyakarta.

Lukman Hakim Siregar. “ Penerapan Motode Pembelajaran Learning Tehadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan”. Jurnal education and development, Volume 7 No.1 Januari 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-02

Cara Mengutip

ledya, Lukman Hakim Siregar, & Ahmad Zainy. (2021). ANALISIS KESIAPAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA KELAS X TKJ SMK SWASTA (YAPIM) PASAR BINANGA. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 1(2), 21–27. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/215

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>