EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI KELAS X RPL SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR
Kata Kunci:
Efektivitas, Student Teams Achievement Division (STAD), Sistem KomputerAbstrak
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran sisitem komputer pada kelas X RPL 2 SMK Negeri 1 Angkola Timur masih tergolong rendah, dimana nilai rata-rata yang diperoleh siswa “79” sedangkan KKM yaitu “80”, maka dilakukan penelitian yang berkaitan dengan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di Kelas X RPL SMK Negeri 1 Angkola Timur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-postest. Populasi penelitian terdiri dari dari 2 kelas yang berjumlah 51 siswa dan teknik pengambilan sampel dengan cara Cluster sampling. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh nilai rata-rata penggunaan model pembelajran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) mencapai 3,10 termasuk pada kategori “Baik”. Hasil belajar siswa-siswa pada mata pelajaran sistem komputer sebelum (pretest) penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) mencapai 60,29 termasuk pada kategori “Cukup”. Sedangkan hasil belajar siswa-siswa setelah (postest) penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) mencapai 83,23 termasuk pada kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan analisis informasi dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa t hitung>t tabel (16,561 <1,692), dapat diketahui bahwa nilai signifikan sig ( 2-tailed) lebih kecil dari a(0,000 <0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan anatara Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Komputer Di Kelas X RPL 2 SMK Negeri 1 Angkola Timur.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Isjoni.2011. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan kecerdasanKomunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Luqman Hakim, R. S. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cisco Packet Tracer Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ 1 Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Di SMK Negeri 1 Kendit Situbondo. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 6(2), 39–53
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidika, Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution, H. N. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.
Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.
Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.
Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.
Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.
Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development, 8(2), 16-16.
Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Situmorang, R. S. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 269-274.
Nurdyansyah. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: NLC
Neli, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Volume 2 Nomor 2
Sukardi. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara
Slavin. 2005. Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon
Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima
Syah, Muhibbin.2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT: Remaja Rosadakarya
. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT: Remaja Rosadakarya
Trianto. 2009. Mendsain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Komtelstual. Jakarta: PT. Karisma Putra Utama
Wina,Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana