PERANCANGAN PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEB UNTUK EFEKTIVITAS PEMBAYARAN SPP DI SMK NEGERI 1 BATANG ANGKOLA

Penulis

  • Zainuddin Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Muhammad Syahril Harahap2 institut pendidikan tapanuli selatan
  • Ermawita institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

perancangan, pembayaran spp, berbasis web

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Perancangan pembayaran SPP Berbasis Web dan untuk melihat Kepraktisan serta efektivitas pembayaran SPP di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Batang Angkola. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian R&D (research and development), model Penelitian R&D yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode SDLC (Software Development Life Cycle). Tekik pengumpuan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari Perancangan Pembayaran SPP berbasis web di SMK Negeri 1 Batang Angkola peneliti membuat pembayaran secara web menggunakan program PHP dan Databasenya MySQL Dengan bantuan Xampp sebagai server local/localhost, didalamnya sudah mencakup program apache, MySQL dan Php. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada siswa untuk melihat kepraktisan Pembayaran SPP berbasis web di SMK Negeri 1 Batang Angkola diperoleh pencapaian persentase hasil angket sebesar 86.47 yaitu berada pada kategori sangat mudah. Dengan responden memberikan tanggapan kepraktisan Pembayaran SPP berbasis web dapat digunakan dengan sangat mudah. Sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan terkait dengan bagaimana efektivitas pembayaran SPP berbasis Web di SMK Negeri 1 Batang Angkola diperoleh nilai rata-rata hasil angket yang diberikan diketahui nilai rata-rata hasil angket sebesar 89.71 yaitu berada pada kategori efektif. Pencapaian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa meyatakan bahwa perancangan pembayaran SPP di SMK Negeri 1 Batang berbasis WEB sangat efektif dan membantu para siswa serata guru dalam melakukan transaksi pembayaran SPP.

Referensi

Adi Nugroho. “Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data”.Yogyakarta : Andi, 2011

Harahap, Muhammad Syahril. 2021. Analisis Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol. 4 . No. 3.

Pratama, I Putu Agus Eka, 2014, Sistem Informasi dan Implementasinya, Informatika, Bandung.

Pressman, Roger S, Ph.D, 2012, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7: Buku 1, Andi, Yogyakarta.

Sugiyono, 2018. Metode penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sutabri, Tata, 2012. Analisis Sistem Informasi, Andi, Yogyakar ta.

Arief, M Rudianto, 2011, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php dan MySQL, Andi, Yogyakarta.

Mufariya, Ihamsyah, & Rahmayuda, S. (2019). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SUMBANGAN PEMBINAAN. 19-28.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-12-13

Cara Mengutip

Zainuddin, Muhammad Syahril Harahap2, & Ermawita. (2023). PERANCANGAN PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEB UNTUK EFEKTIVITAS PEMBAYARAN SPP DI SMK NEGERI 1 BATANG ANGKOLA. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 35–40. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1499

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>