PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN WISUDA ONLINE BERBASIS WEB DI IPTS ( INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN )

Penulis

  • Alex Andesro Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution
  • Ermawita institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

Bahan Ajar, Bahan Ajar, Filmora, Perakitan Komputer

Abstrak

Teknologi revolusi zaman kini semakin berkembang dengan seiring meningkatnya kebutuhan Dalam memasuki dunia globalisasi, kita ketahui teknologi semakin maju dapat mempermudah melakukan berbagai bentuk  kegiatan dalam kehidupan. Kemajuan dibidang transportasi, komunikasi, kesehatan, pendidikan dan bidang lainnya merupakan contoh-contoh bahwa kita semakin memerlukan teknologi dalam kehidupan ini. Sistem Informasi merupakan salah satu kebutuhan di dalam suatu instansi, perusahaan, organisasi, lembaga serta lingkungan yang berada di luar sistem. Sistem Informasi dianggap sangat penting karena dengan adanya informasi dapat menambah pengetahuan, mengurangi ke tidak pastian dan resiko kegagalan serta dapat membantu para pemimpin dalam mengambil suatu kesimpulan dan keputusan yang efektif dan efisien. Wisuda di IPTS dilakukan dua kali dalam setahun. Sebelum melakukan wisuda biasanya mahasiswa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran wisuda di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan masih dilakukan secara manual. Hal ini menyebabkan kurang efisien dalam melakukan pendaftaran wisuda dibagian administrasi karena tidak terkomputerisasi secara online sehingga akses ke database tidak sinkron secara otomatis. Hasil penelitian ini diharapkan bagi mahasiswa, untuk mempermudah calon wisuda dalam pendaftaran wisuda melalui web dan mengetahui informasi sekitaran wisuda ataupun penjadwalan wisuda. Bagi admin (staf), sebagai admin pengolahan data, mempermuda proses pendataan yang sudah mendaftar wisuda dan memberikan informasi lebih akurat dalam penyampaian informasi sekitaran wisuda.

Referensi

Anggraeni Yulia, 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Software Wondershare Filmora Pada Pelajaran Matamatika Materi Nilai Mutlak Kelas X Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Masa Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021.

Bouato Yunita, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Diintegrasikan Dengan Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education. Journal. Volume 1 Nomor 2, September 2020.

Chomadi, Salamah. 2010. Pendidikan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah,Jakarta: PT Grasindo, 2010

Erlansyah Deni, 2020. Interactive Learning Berbasis Multimedia Audio Vidio DenganWondershare Filmora Pada Mata Kuliah Komunikasi Visual. Volume 6 No 2.

Fadillah, 2016. Pengembangan Bahar Ajar Struktur Aljabar untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa.

Hidayati Nurul, 2018. Panduan Lengkap Perakitan Komputer. Lembaga Kajian Profesi. Ramadhani Lintang, 2021. Pengembangan Media Video Majudda (Tema Wujud Benda) Berbasis Model Pembelajaran Picture and Picture Menggunakan Aplikasi Filmora. Pada Kelas III SD. Volume 17 No.3

Kurniawan Dedik, 2020. Edit Video Youtube dengan Filmora. Kompas Gramedia.

Nurhabibah Siti Hutagalung, 2019. Media Pembelajaran Pembuatan Quiz Fisika (Wondershare Quizcreator Dan Edmodo). Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi.

Parma Ika, 2020. Mudah Membuat Video dan Media Pembelajaran Dengan Filmora 9. Penerbit Widina.

Rijati Endang, 2021. Peningkatan Hasil Pembelajaran Jarak Jauh Matematika Materi Lingkaran Melalui Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Filmora. Cendekia. Volume 13,No.01, Maret 2021.

Sabarullah, 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Aplikasi Wondershare Filmora. Volume 2 Nomor 1 Tahun 2021.

Suriyani Indah, 2020. Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Model Problem Solving Berbantu Wondershare Pada Materi Statistika Di Smp. Volume 7 No 3.

Yusnan Muhammad, 2021. Pengaruh Media Audiovisual Dengan MenggunakanWondershare Filmora Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Cerita .Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 BAUBAU. Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-05-20

Cara Mengutip

Alex Andesro, Hanifah Nur Nasution, & Ermawita. (2024). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN WISUDA ONLINE BERBASIS WEB DI IPTS ( INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN ). JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(3), 58–62. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1510

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4