EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ DI SMK SWASTA HARAPAN POKEN JIOR PADANGSIDIMPUAN

Penulis

  • Tinggom Malasari institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Lukman Hakim Siregar institut pendidikan tapanuli selatan
  • Ermawita institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Blended Learning, Minat Belajar

Abstrak

Pemakaian metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan metode pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu kefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pembelajaran pada saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan antara pengaruh penggunaan metode pembelajaran blended learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X TKJ di SMK Swasta Harapan Poken Jior Padangsidimpuan. Jenis penelitian pada penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu penelitian dengan memperoleh data yang berbentuk angka atau data kuantitatif yang diangkakan. Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Dalam desain ini terdapat satu kelas. Kelas X TKJ diberi perlakuan (X) dan kelompok yang lain tidak. Kelas yang diberi perlakuan disebut kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t yaitu penggunaan blended learning terhadap minat belajar siswa yang diperoleh nilai signifikannya 0,634. Karena nilai signifikannya 0,634 > 0,05 maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan metode blended learning terhadap minat belajar siswa. Ketentuan penerimaan atau penolakan hipotesis jika signifikannya dibawah atau sama dengan 0,05 maka hipotesis alternative diterima dan hipotesis nihil di tolak.

Referensi

Anggraini, Dkk. 2021. Pengaruh

PembelajaranDaring Dan Minat Belajar Terhadap Kreativitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Tahun 2021 Volume 14 : 151-162

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Rineka Cipta.

Bastar, Sumarni, Mira. 2018. Pengaruh

Jenjang Pendidikan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kutai Timur

Bibi, Sarah, Dkk. 2015. Efektivitas Model

Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemograman. Jurnal Pendidikan Vokasi.Tahun 2015 Volume 5

Fadillah Ahmad. 2016. Analisis Minat

Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.Tahun 2016 Volume 1

Friantini, Nurhana.Dkk. 2019. Analisis

Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Matematika Indonesia. Volume 4 Nomor 1 Bulan Maret 2019 Page 6-11.

Handrianto, Dkk. 2022. Penerapan Model

Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Smk Negeri 2 Sawahlunto. Jurnal Homepage.Tahun 2022 Volume 4;71

Hanafi. 2017. Konsep Penelitian R&D

Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman.Tahun 2017 Volume 4

Harahap, Suryani, Rina. 2021. Penerapan

Blended Learning Dalam Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Korespondensi. Jurnal Global Edukasi. Tahun 2021 Volume 4;336

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran

Blended Learning Prestasi Pustaka Publisher.

Nasution, H. N. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.

Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development, 8(2), 16-16.

Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Situmorang, R. S. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 269-274.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-08-21

Cara Mengutip

Tinggom Malasari, Lukman Hakim Siregar, & Ermawita. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ DI SMK SWASTA HARAPAN POKEN JIOR PADANGSIDIMPUAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(2), 45–55. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/2140

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>