ANALISIS PENGGUNAAN SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (SLIMS) DI PERPUSTAKAAN MAN 1 PADANGSIDIMPUAN PLUS RISET

Penulis

  • Muhammad Alparizi Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Lukman Hakim Siregar Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Dedes Asriani Siregar Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hotmaida Lestari Siregar Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

Senayan Library Management System (SLIMS)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) penggunaan Senayan Library Management System (SLIMS) pada siswa di MAN 1 Padangsidimpuan Plus Riset (2) penggunaan Senayan Library Management System (SLIMS) di perpustakaan MAN 1 Padangsidimpuan Plus Riset. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni tahun ajaran 2023. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan informan kepala perpustakaan, pustakawan dan siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan Senayan Library Management System pada siswa terdiri dari 25 butir pernyataan, diperoleh nilai rata-rata 81,44 dengan predikat “Sangat Setuju”, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Senayan Library Management System pada siswa telah memberikan dampak positif yang signifikan dalam perpustakaan, penggunaan Senayan Library Management System sudah mengintegrasikan seluruh buku pelajaran sesuai dengan Kurikulum K13 dan Kurikulum Merdeka, yang dapat di akses secara bebas baik di dalam maupun di luar Madrasah, bahkan tersedia secara gratis. (2) Penggunaan Senayan Library Management System pada pustakawan terdiri dari 15 butir pernyataan, diperoleh nilai rata-rata 100 dengan predikat “Sangat Setuju”, dapat disimpulkan bahwa perpustakaan MAN 1 Padangsidimpuan Plus Riset memiliki koleksi buku referensi yang terjaga dengan baik, yang secara efektif mendukung kegiatan akademik. Dalam menjaga keaktualan koleksi buku, pustakawan aktif memperbarui buku-buku yang relevan dengan Kurikulum K13 dan Kurikulum Merdeka, penerapan Senayan Library Management System juga memberikan manfaat yang signifikan bagi pustakawan dalam berbagai aspek pekerjaan.

Referensi

Afifah, S. 2018. Sistem Informasi Penjualan Busana Pengantin Pada Tutut Manten Yogyakarta. 10 (1).

Agus Eka, Pratama. 2014. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika Bandung.

Damayanti, D. 2014. Sihapes (Sistem Informasi Hasil Penilaian Siswa) Bagi Sekolah Menengah Pertama Di Smp Negeri 7 Semarang. Edu Komputika Journal. 1 (2): 56

Ilmi, Sinta Madhinatul & Handayani, Nurul Setyawati. 2022. Pemanfaatan Otomatisasi Perpustakaan dengan Aplikasi SLIMS Versi 9.0 Bulian dalam Menunjang Kegiatan Pelayanan di SMAN 1 Kertosono. Journal of Librarianship and Information Science. 2 (2).

Ismanu. 2022. “Pengadaan Bahan Pustaka Untuk Perpustakaan Sekolah,” Paper dipresentasikan dalamacara Diklat Perpustakaan Sekolah bagi Guru-guru dan Pengelola Perpustakaan SDN Purwodadi 1 dan SDN Purwodadi 1 di UPT Universitas Negeri Malang.

Mulyadi. 2016. Pengelolaan Otomasi Perpustakaan Berbasis Senayan Library Management System (SLIMS). Jakarta: Rajawali Pers.

Nasrulloh, A., Sumaryanto, Sumarjo, Nugroho, S., & Antoni, M. S. 2022. Does the Implementation of the Management Function Have an Impact on Service Quality? A Study at the HSC Fitness Center. International Journal of Human Movement and Sports Sciences. 9 (5). 1019–1028.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutarno. 2006. Teknik Sampling. Gramedia: Jakarta

Winarno, Ali Zaki, SmithDev. 2014. Pemromgraman We Berbasis Htmls,Php, Dan Javascript. Jakarta: PT Elex Media Kompurindo.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-02-13

Cara Mengutip

Muhammad Alparizi Harahap, Lukman Hakim Siregar, Dedes Asriani Siregar, & Hotmaida Lestari Siregar. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (SLIMS) DI PERPUSTAKAAN MAN 1 PADANGSIDIMPUAN PLUS RISET. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 1–8. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1253

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>