PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR

Penulis

  • Toyyib Januar
  • ermawita IPTS
  • Hanifah Nur Nasution

Kata Kunci:

Perancangan, Media Pembelajaran, Merakit KOmputer

Abstrak

 

Menurut hasil observasi yang dilakukan peneliti ditemukan kurangnya penggunaan media pembelajaran daring pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar, proses pembelajaran siswa cenderung  diam hal ini dapat dilihat dari sedikitnya respon siswa saat terjadinya pembelajaran daring, dan siswanya juga kurang paham dalam materi perakitan komputer. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Penelitian tersebut menghasilkan produk Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Komputer dan jaringan Dasar dengan menggunakan Software utama yaitu Smart Apps Creator dan Software pendukung yaitu Adobe Photoshop CS6. Berdasarkan hasil dari penilaian ahli media, dihasilkan persentase kelayakan media pada media pembelajaran yang dikembangkan pada aspek Kualitas Teknis sebesar 80,9% (layak), aspek Desain Interface sebesar 88,3%  (sangat layak) dan aspek konten sebesar 80,0% (layak). Skor total 211 dengan kategori (layak).

 

Referensi

Anggraini Putri, Ourwati Siwi. 2021. Pengembangan modul berbasis hots pada tema 6 materi membandingkan siklus makhluk hidup kelas IV sekolah dasar. Jurnal Universitas Ahmad Dahlan. Volume 8 nomor 1.

Ambarita, Arisandy. 2016. Komputer Merakit, Menginstal dan Menggunakan Microsoft Word. Deepublish. Yogyakarta.

Aritonang Maulina Eva, Satyaputra Alfa. 2014. Let’s build your android apps with android studio. 2016. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Arsyad Azhar. 2019. Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada : Depok

Arsyah Husna Rahmatul. 2019. Perancangan dan pembuatan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran sistem komputer. Jurnalteknologi dan sistem informasi bisnis Volume 1 No. 2.

Azis Nur, dkk. 2020. Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. Jurnal IKRA-ITH Informatika. Volume 4 Nomor 3.

Cahyani Inna Rizky. 2020. Pemanfaatan Media Animasi 3D di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume 5 No 1.

Cahyaningtyas Rosita, Iriyani Siska. 2015. Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada SMP Negeri 3 Tulakan, Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security. Volume 4 Nomor 2.

Comalasari enny, Verawati. 2019. Pemanfaatan android dalam dunia pendidikan. Prosiding seminar nasional pendidikan program pasca sarjana universitas PGRI Palembang.

Dengen Nataniel, Hatta Rahmania Heliza. 2009. Perancangan Sistem Informasi Terpadu PemerintahDaerah Kabupaten Paser. Jurnal Informatika Mulawarman.Volume 2 Nomor 1.

Deni Mahdiana. 2011. Analisa Dan Rancangan Sistem Informasi Pegadaan Barang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek : Studi Kasus Pt. Liga Indonesia. Jurnal Telematika. Volume 3 nomor 26.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-11-18

Cara Mengutip

Toyyib Januar, ermawita, & Nasution, H. N. . (2024). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR . JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 1(3), 32–36. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/295