PENGARUH PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR

Penulis

  • Henny Rahmayani institut pendidikan tapanuli selatan
  • Sari Wahyuni Rozi Nasution institut pendidikan tapanuli selatan
  • Ermawita institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

problem base learning, hasil belajar, media

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media pembelajaran terhadap hasil belajar komputer pada materi pokok visualisasi konsep di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen (Two group Pretest posttest)  dengan sampel 2 Kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol dengan teknik total ampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Lembar Angket menunjukkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan skor 80 dengan kategori baik. Artinya penelitih telah menggunakan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media pembelajaran sesuai dengan aspek yang dinilai. Rata –rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran ini adalah 45,91 dengan kategori “gagal”  dan sesudah menggunakan mode pembelajaran nilai rata-rata siswa adalah 71,97 dengan kategori “ baik”. Selanjutnya hasil penelitian dengan menggunakan uji-t sampel menggunakan (SPSS 22) menunjukkan indeks uji t 61,673 dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05(0,000<0,05) degan nilai standar deviation 9.083 dan derajat kebebasan (df) 65. Disimpulkan adanya pengaru yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media pembelajaran terhadaphasil belajar komputer pada materi pokok visualisasi konsep. 

Referensi

Alhamid, Aisyah, Nasution H.N (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software Pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 7–11

Fahroji A,Nasution H.N, “Evektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Sparkol Videoscribe Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik”, VN, vol. 3, no. 1, hlm. 1–6, Feb 2023.

Fauzi, R., & Nasution, H. N. (2021). Peggunaan MEDIA Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Tantom Angkola. Jurnal Education and Development, 9(3), 426-430.

Fauzi, R., Zainy, A., Nasution, H. N., Nasution, F. H., & Simanjuntak, F. A. (2023). Perancangan Aplikasi Pariwisata Berbasis Android Di Kota Padang Sidempuan. Jurnal Education and Development, 11(1), 437-442.

harahap Nasution H.N. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas X Sman 1 Angkola Selatan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 51–56

Harianja, Nasution H.N. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan Assembler Edu Pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 83–89.

Hasibuan, Nasution H.N. dkk (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Csh Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar (Bitmap) Kelas X Multimedia Di Smk Negeri 4Padangsidimpuan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 37–41

Hidayat, T., Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Fauzi, R. (2019). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lupus Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Education and Development, 7(3), 114-114.

Lubis K, Nasution H.N. (2023). Analisis Minat Belajar Terhadap Pelajaran Jaringan Dasar Di Smk Negeri 1 Panyabungan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 7–10

Lubis, Siregar A, & Nasution H.N. (2023). Implementasi Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Pasar Saroha Kota . Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 54–61.

Muhammad Ricky Rahman, Hanifah Nur Nasution, Ahmad Zainy, & Ermawita. (2023). Perancangan Modul Ajar Aplikasi Coreldraw Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di Smk Negeri 2 Panyabungan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 48–53.

Muji, Nasution H.N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Berbantu Aplikasi Anyflip Pada Mata Pelajaran Ipa Biologi. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 29–34

Nasution, H. N. (2022). Perancangan Bahan Ajar Berbasis Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8.5 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kelas Ix Smp Negeri 5 Muara Batang Gadis. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2022) “Mendesain Secara Praktis dengan Corel Draw” PT. Nasya Expanding Management , 1-142

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2023) “Bahan Ajar Aplikasi Belajar Media Interaktif dengan iSpiring Suite 8” PT. Nasya Expanding Management , 1-66

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2024) “Panduan Lengkap Microsoft Office 2016 Ms. Word, Ms. Power Point , dan Ms. Excel Untuk Pemula hingga Mahir, 1-146

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2024) “Perkembangan Peserta Didik dalam Menghadapi Revolusi Perkembangan teknologi Informasi” Pena muda, 1-196

Novia, Nasution H.N. (2023). Perancangan Modul Panduan Penggunaan Aplikasi Construct 2 Sebagai Alat Bantu Media Pembelajaran Di Smk Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 121–125

Pasaribu, Nasution H.N. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Instalasi Jaringan Komputer Di Kelas X Rpl Smk Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 61–65.

Pranata, Nasution H.N. (2023). Rancang Bangun Buku Ajar Tik Berbasis Android Di Sma Negeri 1 Batangtoru. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 12–15.

Rambe, I. N., Nasution H.N, Nasution. S. W. R. (2024). Perancangan Modul Praktikum Berbasis Web Pada Materi Algoritma Dan Pemrograman Di Sma Negeri 1 Batangtoru. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 17–20.

Salsabilah, Nasution H.N, Nasution. S. W. R Hidayat T, (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Perangkat Eksternal/Peripheral Komputer. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 42–47

Sarkiah, Nasution H.N Nasution. S. W. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Berbasis Ispiring Suite Terhadap Minat . Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 9–16

Sartika, Nasution H.N. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas Xi

Tkj Di Smk Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 38–44

Simorangkir, Nasution H.N dkk(2023). Perancangan Modul Praktikum Berbasis Android Pada Materi Perakitan Komputer Di Smk Negeri 1 Lumut. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 70–72.

Siregar Nasution H.N ,Hidayat T. (2023). Analisis Kesiapan Belajar Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Pemrograman Dasar. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 1–5.

Yeni, Nasution H.N. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Materi Sistem Operasi Jaringan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 45–50.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-06-23

Cara Mengutip

Henny Rahmayani, Sari Wahyuni Rozi Nasution, & Ermawita. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR . JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(2), 43–49. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/3452

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>