PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMAKER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNIK JARINGAN KOMPUTER 3 DI KELAS X TKJ SMK NEGERI 3 PANYABUNGAN

Isi Artikel Utama

Meliana Devi
Lukman Hakim Siregar
Rahmad Fauzi

Abstrak

Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi pembelajaran guna memperlancar proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis animaker terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran dasar teknik jaringan komputer 3 di SMK Negeri 3 Panyabungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Panyabungan yang berjumlah 126 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 4,946 sedangkan nilai t tabel berada pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,692 sehingga dapat dibandingkan nilai t hitung > t tabel yaitu 4,946 > 1,692. Maka nilai signifikan yang diperoleh sebesar 000 sehingga diketahui Sig. (2-tailed) < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pengguna media pembelajaran berbasis animaker terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran dasar teknik jaringan komputer 3 di kelas X TKJ SMK Negeri 3 Panyabungan”.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Devi, M. ., Siregar, L. H. ., & Fauzi, R. . (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMAKER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNIK JARINGAN KOMPUTER 3 DI KELAS X TKJ SMK NEGERI 3 PANYABUNGAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(3), 71–81. https://doi.org/10.37081/vn.v5i3.3549
Bagian
Informatika

Referensi

Aisyah, Nasution H.N (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software Pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 7–11

Fahroji A,Nasution H.N, “Evektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Sparkol Videoscribe Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik”, VN, vol. 3, no. 1, hlm. 1–6, Feb 2023.

Fauzi, R., & Nasution, H. N. (2021). Peggunaan MEDIA Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Tantom Angkola. Jurnal Education and Development, 9(3), 426-430.

Fauzi, R., Zainy, A., Nasution, H. N., Nasution, F. H., & Simanjuntak, F. A. (2023). Perancangan Aplikasi Pariwisata Berbasis Android Di Kota Padang Sidempuan. Jurnal Education and Development, 11(1), 437-442.

harahap Nasution H.N. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas X Sman 1 Angkola Selatan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 51–56

Harianja, Nasution H.N. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan Assembler Edu Pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 83–89.

Hasibuan, Nasution H.N. dkk (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Csh Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar (Bitmap) Kelas X Multimedia Di Smk Negeri 4Padangsidimpuan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 37–41

Hidayat, T., Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Fauzi, R. (2019). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lupus Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Education and Development, 7(3), 114-114.

Lubis K, Nasution H.N. (2023). Analisis Minat Belajar Terhadap Pelajaran Jaringan Dasar Di Smk Negeri 1 Panyabungan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 7–10

Lubis, Siregar A, & Nasution H.N. (2023). Implementasi Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Pasar Saroha Kota . Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 54–61.

Muhammad Ricky Rahman, Hanifah Nur Nasution, Ahmad Zainy, & Ermawita. (2023). Perancangan Modul Ajar Aplikasi Coreldraw Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di Smk Negeri 2 Panyabungan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 48–53.

Muji, Nasution H.N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Berbantu Aplikasi Anyflip Pada Mata Pelajaran Ipa Biologi. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 29–34

Nasution, H. N. (2022). Perancangan Bahan Ajar Berbasis Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8.5 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kelas Ix Smp Negeri 5 Muara Batang Gadis. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S

Vol. 5 No. 3 Edisi Oktober 2025

Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2022) “Mendesain Secara Praktis dengan Corel Draw” PT. Nasya Expanding Management , 1-142

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2023) “Bahan Ajar Aplikasi Belajar Media Interaktif dengan iSpiring Suite 8” PT. Nasya Expanding Management , 1-66

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2024) “Panduan Lengkap Microsoft Office 2016 Ms. Word, Ms. Power Point , dan Ms. Excel Untuk Pemula hingga Mahir, 1-146

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2024) “Perkembangan Peserta Didik dalam Menghadapi Revolusi Perkembangan teknologi Informasi” Pena muda, 1-196

Novia, Nasution H.N. (2023). Perancangan Modul Panduan Penggunaan Aplikasi Construct 2 Sebagai Alat Bantu Media Pembelajaran Di Smk Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 121–125

Pasaribu, Nasution H.N. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Instalasi Jaringan Komputer Di Kelas X Rpl Smk Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 61–65.

Pranata, Nasution H.N. (2023). Rancang Bangun Buku Ajar Tik Berbasis Android Di Sma Negeri 1 Batangtoru. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 12–15.

Rambe, I. N., Nasution H.N, Nasution. S. W. R. (2024). Perancangan Modul Praktikum Berbasis Web Pada Materi Algoritma Dan Pemrograman Di Sma Negeri 1 Batangtoru. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 17–20.

Salsabilah, Nasution H.N, Nasution. S. W. R Hidayat T, (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Perangkat Eksternal/Peripheral Komputer. Jurnal

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>