PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STAD DI KELAS IV SD NEGERII00I06 SIBANGKUA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi peninggalan sejarah menggunakan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 100106 Sibangkua Tahun Ajaran 2020/2021. Rancangan penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdapat dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 100106 Sibangkua yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata pada pembelajaran ips materi peninggalan sejarah dengan menggunakan model pembelajaran STAD nilai rata-rata 70 berada pada kategori “Kurang”. Sesudah menggunakan model pembelajaran STAD nilai rata-rata pada siklus I sebesar 75 dan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 80 berada pada kategori “Baik”. Dari perbandingan hasil belajar siswa pada pembelajaran ips materi peninggalan sejarah kelas IV SD pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus II sebesar 90%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran ips materi peninggalan sejarah.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah.Yogyakarta : Penerbit Ombak.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.
Butar-Butar, Martina. 2015. “Pelestarian Benda Cagar Buadaya di Objek Wisata Museum Sang Nila Provinsi Riau. Hlm 1-11.
Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka
Fahyuni, Fariyatul, Eni dan Nurdyansyah. 2016. Inovasi Model Pembelajran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Hardoyo, Rachmat. 2004. Peninggalan Sejarah Sebagai Sumber Belajar Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi . Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Surabaya.
Julianto, dkk. 2010. Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: UNESA University Press.
Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.
Rasyid. 2010. Minat, Indikator-Indikator Minat. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Slavin, R. E. 2005.Cooperative Learning. (Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.