PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ASSEMBLER EDU PADA MATA PELAJARAN DASAR PROGRAM KEAHLIAN

Penulis

  • Desi Rahmadani Harianja Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Ermawita Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

perancangan, Assemblr Edu, media pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan guru masih menggunakan metode konvensional , dimana pendekatannya melalui minat dan bakat dari setiap siswa dalam menyampaikan materi pembelajaran. media yang digunakan kurang menarik sehingga sebagian siswa tidak bisa memahami materi yang dijelaskan, minat belajar siswa sangat rendah karena kurangnya variasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Merancang Media Pembelajaran Menggunakan Assembler EDU Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Marancar dan mengetahui tingkat kelayakan Media Pembelajaran Menggunakan Assembler EDU Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Marancar. Media pembelajaran ini menggunakan metode R & D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE  yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan Assembler ED  berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli Bahasa memperoleh nilai 96%, ahli media memperoleh nilai 90%, ahli materi memperoleh nilai 93%, dan respon siswa memperoleh nilai 94% dan ahli bahasa untuk media memperoleh nilai 80%. Sehingga dapat  disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Assembler EDU yang dikembangkan “Sangat Layak” digunakan sebagai sumber belajar mandiri dan membantu proses pembelajaran.

Referensi

Ahdan, S., Priandika, A. T., Andhika, F., & Amalia, F. S. (2020). Media Pembelajaran Teknik Dasar Bola Voli Mengunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Learning Media for Jurnal Inovasi Pembangunan - Jurnal Kelitbangan - Balitbangda Provinsi Lampung.

Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72.

Hidayatullah Kholik,dkk. 2020. Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Dana Sehat Pada Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro. Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer. Volume 1 Nomor 1.

Irnin Agustina Dwi, Astuti dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile leraning Berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. Vo. 3 No. 1

Masyhud, M. S., & Alfarisi, R. (2021). Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Asik ( MASIK ) Berbasis Augmented. 8(1), 7–29.

Rahman, R. F., & Haryanto, E. V. (2020). Perancangan media pembelajaran metamorfosis serangga menggunakan augmented reality berbasis android. Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(1), 1049–1062.

Suryani, Nunuk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yang, L., Susanti, W., Hajjah, A., Marlim, Y. N., & Tendra, G. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 122–136.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-05-22

Cara Mengutip

Desi Rahmadani Harianja, Hanifah Nur Nasution, & Ermawita. (2024). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ASSEMBLER EDU PADA MATA PELAJARAN DASAR PROGRAM KEAHLIAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 83–89. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1503

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 > >>