ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS XI TKJ DI SMK NEGERI 1 BATANG ANGKOLA

Penulis

  • Sartika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Ahmad Zainy Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

Kesulitan Belajar Siswa , Mata Pelajaran Sistem Komputer

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kesulitan belajar siswa pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas XI TKJ 1 di SMK Negeri 1 Batang Angkola dan untuk apakah faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas XI TKJ 1 Di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif jenis kualitatif. Informan penelitian ini guru bidang studi sistem komputer dan siswa kelas XI TKJ 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara angket dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan adalah data reducation (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing /verification ( menarik kesimpulan). Sesuai dengan hasil penelitian diketahui bahwa Sesuai dengan hasil penelitian diketahui nilai rata-rata hasil angket kesulitan belajar siswa diperoleh sebesar 68 yaitu berada pada kategori Tingi. Dari hasil angket yang disebarkan kepada beberapa siswa diketahui bahwa kategori kesulitan belajar siswa pada kategori cukup diperoleh sebanyak 8 siswa dengan persentase 26.67% kemudian kategori tinggi sebanyak 21 siswa atau 70.00% selanjutnya kategori sangat tinggi diperoleh 1 orang dengan persentase sebanyak 3.33%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa berada pada kategori tinggi Pencapaian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki kesulitan belajar yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kesulitan siswa dalam belajar adalah ketersediaan fasilitas pembelajaran dan juga dukungan orang tua para siswa. Dari hasil angket diketahui kategori paling tinggi kesulitan belajar siswa berada pada aspek faktor eksternal indikator fasilitas diperoleh nilai rata-rata sebesar 82.00 yaitu berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan kategori paling rendah berada pada aspek faktor internal indikator hambatan fisik diperoleh nilai rata-rata sebesar 40.00 yaitu berada pada kategori rendah.

Referensi

Atiaturrahmaniah, Musabihatul Kudsiah, and Eni Maria Ulfa, „Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja‟, 2.2014 (2021), 94–106.

Harefa, Darmawan and others, „Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa‟, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8.1 (2022), 325 <https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022>.

Jang Mas Subur and Nadia Rista, „Pengaruh Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII Di SMP Walisongo Bekasi‟, JUSIE (Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi), 5.02 (2020), 156–61 <https://doi.org/10.36665/jusie.v5i02.370>.

Juai Aptriyana, Neta Dian Lestari, and Januardi, „Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Smk Se-Kecamatan Kayuagung‟, JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 9.2 (2021), 86–94.

Kasumawati, „Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Sifat-Sifat Benda Dan Perubahannya Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD Negeri 16 Buntok Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan‟, Jurnal Mitra Pendidikan, 5.7 (2021), 507–16.

Rosliana Siregar, Suwanto Suwanto, and Muhammad Daut Siagian, „Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks‟, Jurnal Mathematic Paedagogic, 6.1 (2021), 31–38 <https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.2325>.

Sugihartono, dkk, 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers. Mufarizuddin Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, Ke-5th edn (Bandung: Alfabeta, Cv, 2015).

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-11-18

Cara Mengutip

Sartika, Hanifah Nur Nasution, & Ahmad Zainy. (2024). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS XI TKJ DI SMK NEGERI 1 BATANG ANGKOLA. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 38–44. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1513

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >>