PERANCANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS ANDROID PADA MATERI PERAKITAN KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 LUMUT

Penulis

  • Hesti Natalia Simorangkir Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Ermawita Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

rnd, Ispiring Suite, bahan

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan Guru menjelaskan materi pembelajaran masih dengan menggunakan metode ceramah, hanya menggunakan buku paket, dan modul berupa makalah dalam penyampaian materi pelajaran perakitan komputer,Perancangan modul praktikum berbasis android pada materi perakitan komputer di SMK Negeri 1 Lumut dibantu melalui sebuah aplikasi Ispring suite 8, yang tahapan pengembangan dan penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Sehingga dapat dirancang sebuat produk berupa Modul Praktikum Berbasis Android Pada Materi Perakitan Komputer di SMK Negeri 1 Lumut yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian perancangan modul praktikum berbasis android pada materi perakitan komputer diperoleh hasil dalam menentukan tingkat kelayakan modul praktikum berbasis android pada materi perakitan komputer diperoleh 97 % dari validasi materi, 93 % dari respon siswa, dan 95 % dari hasil validasi media. Berdasarkan persentase yang diperoleh untuk mengetahui tingkat kelayakan maka ditemukan rata-rata 95 % dengan “kategori Sangat Layak” .

Referensi

Afifah, B, widiyaningtyas,T, dan Pujianto, U. 2019. Pengembangan bahan ajar perakitan komputer bermuatan augmented reality untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Tekno. 29(1):98

Amelia, L. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Ispring Suite 8 Pada Materi Larutan Penyangga Kelas Xi Ipa Sma. Tesis. Universitas Jambi. Jambi

Arifin, Nurdyansyah. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan.Edisi 1. Umsida Press. Sidoarjo

Arikunto .2010.Manajemen Penelitian.Edisi 11.Rineka Cipta.Jakarta

.2009. Manajemen Penelitian.Edisi 10. Rineka Cipta. Jakarta

Arpan. M, Sadikin. 2020. Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Keras Komputer. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. 20(2)

Cahyaningtyas, R, Iriyani, S. 2015. Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada SMP Negeri 3 Tulukan kecamatan Tulukan Kabupaten Pacitan. Indonesian journal on networking and security. 4(2):16

Firmansyah, A, Pratama,, D.A. 2019. Perancangan Smart Parking System Berbasis Arduino Uno. Jurnal Teknologi Pelita Bangsa. 10(1):2

Harahap, M.S, fauzi, R. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Web. Jurnal Education and development STKIP Tapanuli Selatan. 4(5)

Harjanto. 2006. Perencanaan Pengajaran. Edisi 5. Rineka Cipta. Jakarta

Harwanto, Ariyanti, D, dan Mustaji. 2020. Multimedia Interaktif Berbasis iSpring Suite 8. Jurnal education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.8(2)

Joenaidy, A. M. 2019. Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Edisi 1. Laksana. Yogyakarta

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-05-21

Cara Mengutip

Hesti Natalia Simorangkir, Hanifah Nur Nasution, & Ermawita. (2024). PERANCANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS ANDROID PADA MATERI PERAKITAN KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 LUMUT. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 70–72. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1520

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4