EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ DI SMK SWASTA HARAPAN POKEN JIOR PADANGSIDIMPUAN
Kata Kunci:
Metode Pembelajaran, Blended Learning, Minat BelajarAbstrak
Pemakaian metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan metode pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu kefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pembelajaran pada saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan antara pengaruh penggunaan metode pembelajaran blended learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X TKJ di SMK Swasta Harapan Poken Jior Padangsidimpuan. Jenis penelitian pada penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu penelitian dengan memperoleh data yang berbentuk angka atau data kuantitatif yang diangkakan. Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Dalam desain ini terdapat satu kelas. Kelas X TKJ diberi perlakuan (X) dan kelompok yang lain tidak. Kelas yang diberi perlakuan disebut kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t yaitu penggunaan blended learning terhadap minat belajar siswa yang diperoleh nilai signifikannya 0,634. Karena nilai signifikannya 0,634 > 0,05 maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan metode blended learning terhadap minat belajar siswa. Ketentuan penerimaan atau penolakan hipotesis jika signifikannya dibawah atau sama dengan 0,05 maka hipotesis alternative diterima dan hipotesis nihil di tolak.
Referensi
Anggraini, Dkk. 2021. Pengaruh
PembelajaranDaring Dan Minat Belajar Terhadap Kreativitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Tahun 2021 Volume 14 : 151-162
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Rineka Cipta.
Bastar, Sumarni, Mira. 2018. Pengaruh
Jenjang Pendidikan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kutai Timur
Bibi, Sarah, Dkk. 2015. Efektivitas Model
Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemograman. Jurnal Pendidikan Vokasi.Tahun 2015 Volume 5
Fadillah Ahmad. 2016. Analisis Minat
Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.Tahun 2016 Volume 1
Friantini, Nurhana.Dkk. 2019. Analisis
Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Matematika Indonesia. Volume 4 Nomor 1 Bulan Maret 2019 Page 6-11.
Handrianto, Dkk. 2022. Penerapan Model
Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Smk Negeri 2 Sawahlunto. Jurnal Homepage.Tahun 2022 Volume 4;71
Hanafi. 2017. Konsep Penelitian R&D
Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman.Tahun 2017 Volume 4
Harahap, Suryani, Rina. 2021. Penerapan
Blended Learning Dalam Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Korespondensi. Jurnal Global Edukasi. Tahun 2021 Volume 4;336
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran
Blended Learning Prestasi Pustaka Publisher.
Nasution, H. N. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.
Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.
Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.
Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.
Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.
Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development, 8(2), 16-16.
Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Situmorang, R. S. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 269-274.