PENGARUH KETERAMPILAN KOMPUTER DASAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL DI KELAS X TKJ SMK NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Novri Novri
Lukman Hakim Siregar
Ahmad Zainy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan komputer dasar terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital di Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one-shotcase study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan inferensial. Sesuai dengan hasil penelitian di ketahui keterampilan Komputer Dasar di Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Padangsidimpuan berada pada kategori baik dengan pencapaian nilai rata-rata sebesar 78.48. Gambaran aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital di kelas X TKJ SMK Negeri 3 Padangsidimpuan berada pada kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 79.71.  Hasil uji hipotesis yang dilakukan diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 7.541 > 1.691. Selanjutnya nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 sedangkan nilai probabilitas diketahui sebesar 0.05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil konsultasi nilai tersebut, maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya yaitu “Terdapat pengaruh keterampilan komputer dasar terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital di Kelas X TKJ  SMK Negeri 3 Padangsidimpuan”.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Novri, N., Siregar, L. H. ., & Zainy, A. . (2025). PENGARUH KETERAMPILAN KOMPUTER DASAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL DI KELAS X TKJ SMK NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(1), 1–7. https://doi.org/10.37081/vn.v5i1.2968
Bagian
Informatika

Referensi

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2022) “Mendesain Secara Praktis Dengan Corel Draw” Pt. Nasya Expanding Management , 1-142

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2023) “Bahan Ajar Aplikasi Belajar Media Interaktif Dengan Ispiring Suite 8” Pt. Nasya Expanding Management , 1-66

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2024) “Perkembangan Peserta Didik Dalam Menghadapi Revolusi Perkembangan Teknologi Informasi” Pena Muda, 1-196

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2024) “Panduan Lengkap Microsoft Office 2016 Ms. Word, Ms. Power Point , Dan Ms. Excel Untuk Pemula Hingga Mahir, 1-146

Fauzi, R., & Nasution, H. N. (2021). Peggunaan Media Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Smkn 1 Tantom Angkola. Jurnal Education And Development, 9(3), 426-430.

Fauzi, R., Zainy, A., Nasution, H. N., Nasution, F. H., & Simanjuntak, F. A. (2023). Perancangan Aplikasi Pariwisata Berbasis Android Di Kota Padang Sidempuan. Jurnal Education And Development, 11(1), 437-442.

Hidayat, T., Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Fauzi, R. (2019). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lupus Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Education And Development, 7(3), 114-114.

Nasution, H. N. (2022). Perancangan Bahan Ajar Berbasis Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8.5 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kelas Ix Smp Negeri 5 Muara Batang Gadis. Jurnal Education And Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Matakuliah Aplikasi Komputer Guna Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Education And Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education And Development, 6(3), 69-69.

Fahroji A,Nasution H.N, “Evektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Sparkol Videoscribe Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik”, Vn, Vol. 3, No. 1, Hlm. 1–6, Feb 2023.

Aisyah, Nasution H.N (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software Pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 7–11

Pranata, Nasution H.N. (2023). Rancang Bangun Buku Ajar Tik Berbasis Android Di Sma Negeri 1 Batangtoru. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 12–15.

Pasaribu, Nasution H.N. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Instalasi Jaringan Komputer Di Kelas X Rpl Smk Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 61–65.

Simorangkir, Nasution H.N Dkk(2023). Perancangan Modul Praktikum Berbasis Android Pada Materi Perakitan Komputer Di Smk Negeri 1 Lumut. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 70–72.

Siregar Nasution H.N ,Hidayat T. (2023). Analisis Kesiapan Belajar Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Pemrograman Dasar. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 1–5.

Hasibuan, Nasution H.N. Dkk (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Csh Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar (Bitmap) Kelas X Multimedia Di Smk Negeri 4 Padangsidimpuan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 37–41

Salsabilah, Nasution H.N, Nasution. S. W. R Hidayat T, (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Perangkat Eksternal/Peripheral Komputer. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 42–47

Muhammad Ricky Rahman, Hanifah Nur Nasution, Ahmad Zainy, & Ermawita. (2023). Perancangan Modul Ajar Aplikasi Coreldraw Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di Smk Negeri 2 Panyabungan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 48–53.

Lubis, Siregar A, & Nasution H.N. (2023). Implementasi Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Pasar Saroha Kota . Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 54–61.

Harianja, Nasution H.N. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan Assembler Edu Pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 83–89.

Novia, Nasution H.N. (2023). Perancangan Modul Panduan Penggunaan Aplikasi Construct 2 Sebagai Alat Bantu Media Pembelajaran Di Smk Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 121–125

Lubis K, Nasution H.N. (2023). Analisis Minat Belajar Terhadap Pelajaran Jaringan Dasar Di Smk Negeri 1 Panyabungan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 7–10

Muji, Nasution H.N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Berbantu Aplikasi Anyflip Pada Mata Pelajaran Ipa Biologi. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 29–34

Sarkiah, Nasution H.N Nasution. S. W. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Berbasis Ispiring Suite Terhadap Minat . Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 9–16

Rambe, I. N., Nasution H.N, Nasution. S. W. R. (2024). Perancangan Modul Praktikum Berbasis Web Pada Materi Algoritma Dan Pemrograman Di Sma Negeri 1 Batangtoru. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 17–20.

Sartika, Nasution H.N. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas Xi Tkj Di Smk Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 38–44

Yeni, Nasution H.N. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Materi Sistem Operasi Jaringan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 45–50.

Harahap Nasution H.N. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas X Sman 1 Angkola Selatan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 51–56

T Hidayat, Hn Nasution, Swr Nasution, R Fauzi (2019). Expert Systems To Diagnose Lupus Disease Using Certainty Factor Method, Jurnal Education And Development

Nasution, H. N., Zainy, A., Lubis, R. M., Hidayat, T., Nasution, S. W. R., & Fauzi, R. (2025). Pelatihan Desain Poster Lingkungan Berbasis Data Fisika Oleh Siswa Smk Sebagai Agen Perubahan. Jurnal Iptek Bagi Masyarakat, 5(1), 84–92.

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Nasution, U. S. Z., Hidayat, T., Zainy, A., & Aditya, R. (2025). Literasi Siswa Melalui Pembelajaran Pengenalan Perangkat Komputer Di Smp Negeri 1 Angkola Selatan. Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 153–157.

Nasution, H. N., Hidayat, T., Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Siregar, D. A. (2025). Buku Ajar Pembuatan Media Pembelajaran Digital: Dari Quizizz Hingga Smart Apps. Penerbit Nem.

Hasibuan, H., Nasution, S. R., & Nasution, H. N. (2025). Analisis Keterampilan Mengajar Guru Tik Terhadap Motivasi Siswa Kelas Xi Madrasah Aliyah Swasta Ypks Padangsidimpuan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(2).

Nasution, H. N. U. R., & Zainy, A. (2025). Perancangan Game Edukasi Menggunakan Adobe Flash Cs6 Pada Materi Komponen Hardware Di Smkn 1 Portibi. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(2).

Siregar, A. R. P., Nasution, H. N., & Zainy, A. (2025). Pengaruh Media Sparkol Video Scribe Terhadap Minat Belajar Pada Pelajaran Tik Dasar. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(2), 8–16.

Mauriskha, F., Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2025). Pengaruh Penggunaan Pocket Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaringan Komputer. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(1).

Harahap, S. D., Nasution, H. N., & Zainy, A. (2025). Perbandingan Hasil Belajar Software Jaringan Gns3 Dan Packet Tracer Di Smk Negeri 1 Marancar. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(1).

Bagariang, H. P., & Nasution, H. N. (2025). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Smart Pada Pt Kp Usu. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(1).

Sapitri, A., Siregar, L. H., & Nasution, H. N. (2025). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Spp Berbasis Visual Basic 6.0 Di Smk Negeri 1 Batang Onang. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(1).

Halawa, D., & Nasution, H. N. (2025). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Weighted Product (Wp) Di Pt Columbus Padangsidimpuan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(1).

Haqi, A. B., Fauzi, R., & Nasution, H. N. (2025). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web Di Smk Swasta Harapan Padangsidimpuan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(1).

Ningsih, P., & Nasution, H. N. (2025). Perancangan Modul Praktikum Penggunaan Aplikasi Prezi Di Smk Swasta Teruna Padangsidimpuan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(1), 8–13.

Nasution, H. N., Hidayat, T., Nasution, S. W. R., Lubis, N. S., & Qoriyah, E. (2025). Sosialisasi Media Pembelajaran Smart Apps Pada Mata Kuliah Jaringan Komputer Dasar Di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Pendidikan Kreativitas Pembelajaran, 7(2).

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Zuliani, U. S., Fauzi, R., Sari, L. P., & Ermawita, E. (2025). Metode Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Terhadap Pemahaman Literasi Sains Siswa Sd. Jurnal Education And Development, 13(1), 393–395.

Harahap, I. N. A., Nasution, H. N., & Zainy, A. (2024). Perancangan Game Edukasi Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator 3 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Rpl Smk Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(3).

Atikah, N., Fauzi, R., & Nasution, H. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Tkj. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(3).

Markus, R. J., & Nasution, H. N. (2024). Perancangan Sistem Informasi Peminjaman Buku Pada Perpustakaan Smk Negeri 3 Padangsidimpuan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(3).

Ritonga, D. R., & Nasution, H. N. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis 3 Dimensi Pada Materi Pengkabelan Lan Menggunakan Blender 3d. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(3), 7–11.

Nasution, H. N., Hidayat, T., Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Mutiara, M. (2024). Menguasai Pembelajaran Konsep Sistem Informasi Dan Rekayasa Perangkat Lunak. Pt Penamuda Media.

Sari, L. P., Siregar, D. A., Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., & Yunita, Y. (2024). Cara Pengolahan Buah Kelapa Menjadi Minyak Rambut Alami. Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 259–264.

Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., Fauzi, R., & Lubis, I. S. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Borland Delphi 7 Di Smk Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (Jpma), 3(3), 144–147.

Nasution, H. N. (2016). Identifikasi Jenis Tanaman Anggrek Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan Dengan Metode Backpropagation. Jurnal Education And Development, 1(1), 561–658.

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., & Nasution, U. S. Z. (2024). Kajian Etnofisika Materi Gerak Pada Tari Tortor Di Tapanuli Selatan Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Education And Development, 12(3), 359–362.

Nasyuha, A. H., Harmayani, H., Rahman, M. A., & Nasution, H. N. (2024). Navigasi Keputusan: Prinsip Dan Praktik Sistem Pendukung Keputusan. Pt Penamuda Media.

Syahra, Y., Habibie, D. R., Nasution, M., & Nasution, H. N. (2021). Klasterisasi Data Penanganan Dan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Menggunakan Algoritma K-Means. Jurnal (Vol. 9), 1423–1433.

Fauzi, R., Nasution, H. N., Zainy, A., Hidayat, T., Harahap, A. F. D., & Ermawita, E. (2025). Implementasi Lms Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Di Era Pembelajaran Digital. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(9), 3796–3803.

Nasution, H. N., Hidayat, T., Nasution, S. W. R., Fauzi, R., & Hasibuan, A. A. S. (2025). Smart Farming Berdasarkan Suhu Dan Kelembapan Berbasis Arduino. Jurnal Pustaka Ai (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence), 5(2), 457–461.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>